Talkmen.com --- Bagaimana menjadi pribadi yang tenang

Mencari stabilitas dari hidup yang penuh beban itu tidaklah susah.

Hidup memang penuh dengan tekanan. Setiap harinya, selalu ada masalah yang menghantui dan terkadang menjadi sesuatu yang tidak bisa dikendalikan. But come on, man, why so serious? Semua orang memiliki beban masing-masing dalam hidupnya. Di sekitar Anda, pasti ada sosok yang selalu terlihat tenang dalam menghadapi segala masalah. Bagaimana ia melakukannya? Cobalah untuk tidak berpikir terlalu banyak. Anda pun bisa melakukannya dengan melihat beberapa step yang TalkMen ulas di bawah ini:

Tertawai diri sendiri, karena hal ini adalah langkah pertama untuk membuat diri Anda terasa lebih bebas dan lega dari segala tekanan. Semua orang memiliki sisi aneh tersendiri, dan jika Anda merasa bahwa Anda tidak seperti kebanyakan orang di sekitar Anda dan memilih untuk mengisolasi diri, maka secara tidak langsung Anda memang memilih jalan tanpa teman. Hidup bukanlah tentang menyembunyikan hal unik apapun yang Anda miliki, namun sebaliknya.

Masalah kedua, jangan terbawa emosi berlebihan. Well, sometimes sh*t happens. Entah janji dibatalkan mendadak oleh teman Anda dan hal-hal kecil seperti itu. Alih-alih menyimpan dendam dan merasa tersakiti secara berlebihan, ada baiknya jika Anda menjadikan hal-hal tidak terduga tersebut menjadi sebuah pelajaran tentang kesabaran. Hidup terlalu singkat untuk terlalu memikirkan mereka yang tidak konsisten dengan janjinya sendiri.

Selanjutnya, Anda juga harus bisa menerima ketika semuanya tidak berjalan sesuai kehendak. Daripada berharap tentang perubahan yang tidak kunjung dating, mengapa tidak Anda saja yang belajar untuk beradaptasi? Sirkulasi dunia dan orang-orang di dalamnya akan terus terjadi dan Anda tidak bisa melawannya.

Live in the moment. Apa yang Anda miliki sekarang, apa yang Anda jalani sekarang, nikmatilah. Memikirkan masa depan demi kelangsungan hidup memang penting, begitu juga masa lalu yang bisa dijadikan pelajaran. Namun bukan berarti Anda harus hanyut di dalam kedua hal tersebut. Percayalah bahwa apa yang Anda lakukan sekarang akan berpengaruh bagi masa depan Anda, sekecil apapun itu. Seize the day!

Jadilah pemaaf, karena hal tersebut akan membuat orang-orang disekitar Anda akan merasa lebih nyaman. Menjadi seseorang yang terlalu keras kepala ketika melakukan argumen akan membuat orang lain menjauhi Anda, terutama jika Anda memang terbukti salah dan tidak mau mengakuinya.

Poin tersebut akan menunjukkan bahwa Anda memang orang yang merasa paling pintar. Arogansi akan membuat hidup Anda tidak stabil. Cepat atau lambat, dunia dan orang-orang yang Anda anggap bodoh akan berbalik menyerang Anda dan meremehkan segala kesalahan yang pernah Anda anggap di atas segalanya.