Orang yang paling berpengaruh di suatu negara seperti presiden, biasanya adalah orang-orang hebat dengan segudang prestasi dan pendidikan tinggi. Tapi, petinggi beberapa negara ini mematahkan anggapan tersebut dengan menjadi kepala negara tanpa memiliki gelar pendidikan apa pun. Siapa aja sih? Simak ulasan berikut.

Presiden Amerika George Washington

Salah satu presiden terhebat Amerika Serikat ini ternyata nggak pernah duduk di bangku kuliah. Alasannya lantaran sang ayang meninggal dunia. Meskipun begitu, ia sangat mendukung program sekolah formal. Hal tersebut dibuktikan dengan diwariskannya uang dan sebagian sahamnya untuk tiga institusi di negara Paman Sam tersebut.

Narendra Modi, Perdana Menteri India

Narendra berhasil menjabat manjadi perdana menteri ke-15 India pada bulan Mei lalu. Siapa sangka jika ia ternyata hanya lulusan setara SMA serta kursus korespondensi. Banyak yang menganggap jika ia sebenarnya nggak layak menjabat posisi penting itu, selain bahasa Inggrisnya buruk, ia juga jarang pergi ke luar negeri.

Abraham Lincoln, Presiden Amerika

Menurut sejarah, Abraham Lincoln terlahir dari keluarga yang sangat miskin. Lantaran hal tersebut, ia nggak mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi dan hanya belajar secara otodidak. Kegemarannya membaca banyak buku menjadikan pengetahuan sosok yang lahir pada tanggal 12 Februari 1809 ini begitu luas.

Tapi, seiring dengan berkembangnya jaman, maka pendidikan tinggi mutlak diperlukan, apalagi untuk mampu merengkuh jabatan tinggi.