Para ibu selalu selalu menanamkan pelajaran kepada anak laki-lakinya untuk nggak pernah meremehkan wanita. It’s totally true, Guys! Wanita adalah sosok tangguh yang sanggup melakukan apa pun bahkan untuk sesuatu yang nggak bisa dilakukan para pria. Salah satunya adalah menciptakan perdamaian. Yup, beberapa perempuan dunia sukses mendapatkan gelar Nobel karena telah berjasa memberikan kedamaian untuk sekitarnya. Truly awesome, right?

Penasaran siapa aja sih wanita hebat tersebut? Simak daftarnya berikut.

Malala Yousafzai (2014)

Pendidikan adalah mata untuk melihat dunia. Penting dan nggak tergantikan! Inilah yang menjadi hal yang diperjuangkan Malala di tempat tinggalnya, Pakistan. Masih banyak ditemui ketidaksetaraan hak pendidikan antara laki-laki dan perempuan membuatnya berang.  Lewat perjuangan gigih serta protes keras, akhirnya keadaannya perlahan berubah. Dunia melihatnya sebagai perjuangan yang sangat mengesankan dan segera menganugerahi Malala dengan Nobel perdamaian. Cool!

Tawakkol Karman (2011)

Jurnalis dan politis senior Yaman ini terkenal sebagai salah satu aktivis yang vokal banget menyuarakan perdamaian. Realisasi idenya selalu diwujudkan dalam hal-hal yang keren, salah satunya adalah pendirian organisasi bernama Women Journalist Without Chain yang tujuan utamanya adalah memperjuangkan perdamaian. Nggak heran jika Karman pernah digelari Wanita Besi dan Ibu Revolusi. Make sense, right?

Ellen Johnson Sirleaf (2011)

Napak tilas Ellen Johnson Sirleaf hingga menjadi presiden Liberia saat ini tergolong sangat keren dan menginspirasi. Ia memulainya dari bangku kuliah lalu makin menanjak karirnya dengan menjadi seorang menteri keuangan hingga akhirnya terpilih menjadi presiden. Banyak liku perjuangan dilalui termasuk gagal dan bangkit dalam pemilihan. Tapi akhirnya semua menghasilkan sesuatu yang positif dengan terpilih ia menjadi kepala negara sebanyak dua kali. Sangat menarik ketika mengetahui alasan penduduk Liberia memilihnya lagi. Yup, Ellen adalah aktivis yang memperjuangkan hak perempuan di negaranya. Nice!

Women are strong, right? Kalau mereka udah action seperti nggak ada yang bisa menghentikan. Salut!