Selain diklaim sebagai salah satu kandidat penguasa ekonomi global, China juga punya julukan yang sepertinya kamu udah sangat familiar. Yup, negara dengan populasi terbesar ini keren banget dalam menduplikasi. Jika biasanya mereka sangat mahir dalam meniru barang elektronik, sepertinya kemampuan tersebut udah jauh berkembang. Seperti baru-baru ini diberitakan, sebuah sindikat asal China berhasil mencetak uang koin Euro yang sangat mirip dengan versi aslinya.

Sindikat yang udah masuk ranah kriminal ini terungkap dari sebuah penggrebekan yang dilakukan oleh satuan kepolisian Italia di sebuah gedung yang terletak di Napoli. Tim gabungan Europol tersebut berhasil mendapatkan barang bukti berupa ribuan koin nominal 2 Euro. Koin ini nggak bisa dikatakan seratus persen palsu, pasalnya kemiripannya hampir mencapai 90 persen.

Lantaran kejadian ini, negara-negara Eropa pun mencurigai ada sindikat jaringan besar yang beroperasi di China untuk kegiatan pemalsuan ini. Aparat kepolisian setempat juga mencurigai jika koin-koin ini udah beredar dalam jumlah yang sangat banyak di China.

Salah satu jaksa yang menangani kasus ini, Palermo Calogero Ferrara, mengatakan jika para pemalsu ini menunggu momen seperti natal dan tahun baru untuk menyelundupkan koin ini ke Eropa.”Koin-koin menyerupai asli itu sudah diproduksi jauh-jauh hari dan ditargetkan beredar jelang Natal,” ungkapnya.

Kasus ini menjadi salah satu yang terparah sepanjang sejarah. Seperti yang kamu tahu, nggak hanya kejadian ini aja yang membuat China makin terkenal. Setahun lalu, publik internasional dibikin geger dengan berdirinya 22 kios Apple palsu di negara ini. Ada pula pabrikan mobil bernama Geely yang sukses menjual tiruan Rolls Roys Phantom yang harga aslinya mencapai Rp 4,8 miliar menjadi sekitar Rp 500 jutaan aja. Kualitasnya pun bisa dibilang hampir mirip.