Merdeka.com - Tidak semua orang senang akan perhelatan sepak bola dunia atau FIFA World Cup 2014 yang akan digelar di Brasil tidak beberapa lama lagi ini. Untuk itu, pihak keamanan atau panitia penyelenggara akan menempatkan robot sebagai 'satpam.'

Tahun 2014 ini termasuk sebagai penanda bahwa teknologi dunia semakin maju. Hal itu dibuktikan dengan penggabungan antara sisi teknologi dan olah raga.

Mulai diciptakannya garis gawang sampai dengan teknologi pembuatan bola, di sisi keamanan, pihak panitia juga 'mempekerjakan' robot yang dinamakan PackBots. 

Dilansir dari Live Science (04/03), PackBots ini bertugas untuk menunjang sisi keamanan dan untuk menangani obyek-obyek yang mencurigakan.

Walaupun terbilang kecil, namun PackBots mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 14 km/jam, mampu merotasi tubuhnya 360 derajat, anti benturan, tahan air, memiliki cakar yang multifungsi, dilengkapi dengan sensor, kamera dengan resolusi 9MP, audio serta laser.

irobots-military-packbot-being-deployed-fifa-world-cup-brazil

Pemerintah Brasil sebagai tuan rumah sekaligus panitia FIFA World Cup 2014 ini telah mengeluarkan dana sekitar USD 7,2 juta untuk membeli 30 PackBots.

PackBots juga sudah digunakan dalam perang di beberapa negara oleh tentara Amerika Serikat, seperti contohnya di Afghanistan pada tahun 2002 lalu.