Pencipta game Pac Man, Masaya Nakamura, meninggal di usia 91 tahun. Meninggalnya Masaya sempat ditutupi oleh pihak perusahaan.

Kalau loe pernah main Pac Man bro, mungkin loe merasakan kedekatan dengan Bapak Pac Man ini. Game yang diciptakan di era 80-an itu nggak pernah basi sampai hari ini.

Pria asal Jepang ini bisa disebut sebagai salah satu orang keren di dunia game karena kiprahnya sudah diakui secara Nasional dan Internasional. Game-game buatannya mengharumkan nama Jepang.



Nakamura mendirikan Namco, perusahaan yang meluncurkan Pac Man, di tahun 1955. Sebelum merambah dunia game arcade di 1970 awalnya Namco adalah penyedia mainan anak-anak di mall. Pac Man pun muncul dan jadi salah satu ikon budaya populer sampai saat ini. 

Siapa sih yang nggak tahu game dengan karakter hantu sederhana dan penuh warna ini? Berbagai versi dari Pac Man kemudian muncul dengan ciri khas yang tetap yakni "makan" bola-bola kecil berwarna kuning.

Nakamura meninggal 22 Januari 2017 lalu namun perusahaan Bandai Namco baru mengumumkannya 30 Januari. Ditutupinya kematian Nakamura disebut karena alasan privasi.