News

Pentagon Rela Bayar Ribuan Triliun Untuk Helikopter Super Baru

  • 07 July 2014
  • 192 views

Walaupun dunia masih terasa cukup aman dan tidak terlalu banyak perang terjadi di seluruh belahan bumi, Amerika Serikat masih terus mengembangkan teknologi militer mereka.

LAZONE.ID -

Merdeka.com --- Walaupun dunia masih terasa cukup aman dan tidak terlalu banyak perang terjadi di seluruh belahan bumi, Amerika Serikat masih terus mengembangkan teknologi militer mereka. Dan yang teranyar adalah sebuah helikopter super.

Pentagon diketahui telah memesan beberapa unit helikopter super rancangan produsen pesawat terbang asal negara bagian Texas, AVX, dengan total dana hingga USD 100 miliar atau sekitar Rp 1000 triliun lebih!

Helikopter buatan AVX diprediksi menjadi kendaraan udara futuristik dengan beragam fungsi, baik untuk keperluan sipil maupun militer. Dengan bantuan dua buah baling-baling dengan sistem 'tumpuk' dan masin-masing satu kipas pendorong di bagian kiri dan kanannya, helikopter AVX mampu terbang dengan top speed hingga 230 knot atau 426 kilometer per jam.

Menurut Daily Mail (04/07), helikopter tipe Black Hawk yang kini jadi andalan tentara Amerika akan digantikan oleh helikopter AVX yang memang jauh lebih cepat dan gesit.

AVX

Beragam fungsi helikopter AVX

Nantinya satu helikopter AVX dapat menampung 12 tentara dan 4 kru tambahan serta beban hingga 5.9000 kilogram. Sedangkan total berat 'bersih' dari helikopter ini mencapai 12.000 kg. Terdapat dua pintu samping untuk para penumpang dan pintu utama di bagian belakang untuk memasukkan atau menjatuhkan persenjataan.

Firma tersebut juga menambahkan mereka mengusung desain gabungan dari beberapa desainer pesawat terbang dan helikopter berpengalaman untuk mengurangi biaya pengembangan. Alhasil, harga per unit helikopter tipe kargo dan 'penyerang' ini bisa menjadi lebih murah.