Merdeka.com --- Demi menyediakan pelayanan terbaik untuk pasien, sebuah rumah sakit di timur China memutuskan untuk mendandani perawat mereka mirip pramugari.

Gagasan unik itu telah dilakukan sejak awal bulan ini di rumah sakit Lianshui Traditional Chinese Medicine di kota Huai'an.

Bu Haijuan yang bertugas sebagai kepala unit keperawatan, mengatakan bahwa gagasan baru ini adalah upaya rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka. 

"Perawat belajar segala macam keterampilan teknis di perguruan tinggi, tetapi keterampilan melayani pasien seringkali diabaikan. Sementara itu, pramugari secara khusus dilatih untuk memiliki sikap yang baik dan santun terhadap pelanggan," ungkap Haijuan kepada CNTV.

Keinginan Haijuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakitnya bukannya tak menemui halangan. Beberapa orang menganggap sikapnya telah merendahkan profesional medis yang sejak dahulu sudah terlatih memakai seragam putih. Namun, kritikan pedas itu langsung disanggah oleh Haijuan.

"Koki memakai seragam putih, jagal memakai seragam putih. Tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa perawat harus memakai seragam putih," tambahnya.

prmugari 1

pramugari 2

pramugari 3

Menurut Haijuan, semua orang harus mulai membiasakan untuk berpikir di luar kotak. Haijuan juga menyampaikan bahwa dia dan stafnya hanya ingin berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit mereka. 

Sebagai bagian dari program itu, 12 perawat telah dikirim untuk mengikuti kursus pelatihan etiket, yang biasa diikuti oleh pramugari, selama satu bulan. Mereka pun sekarang memakai seragam yang sangat mirip dengan seragam pramugari China Eastern Airlines. Wah, keren sekali ya!