Talkmen.com --- Sleep-texting merupakan gangguan tidur yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Tidur merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh agar kembali segar keesokan harinya. Jam tidur yang normal adalah tujuh hingga delapan jam. Namun, seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak orang kekurangan jam tidurnya disebabkan oleh telepon genggam. Biasanya Anda mengetik pesan lalu mengirimnya secara tidak sadar, atau yang biasa dikenal dengan sleep-texting.

Gangguan tidur seperti ini kabarnya sedang banyak dialami oleh pengguna telepon genggam. Biasanya orang yang menderita gangguan ini akan merasa malu ketika sadar bahwa pesan yang ia kirimkan cenderung 'berantakan'. Selain dampaknya yang memalukan, sleep-texting juga dapat mengganggu kesehatan.

Sleep-texting terjadi pada dua jam setelah seseorang mulai tidur. Pada saat itu terjadi pula fase tidur dalam yang disebut Rapid Eye Movement (REM), yang sangat penting untuk mencegah gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, disfungsi sistem imun. Kekurangan tidur juga berpengaruh pada penurunan kemampuan kognitif di kemudian hari.

Perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak yang nyata pada kehidupan penggunanya. Penggunaan teknologi seperti ponsel, komputer, video games, dan yang lainnya telah dikaitkan dengan gangguan tidur, seperti insomnia. Oleh karena itu sebaiknya jauhkanlah diri dari gadget atau perangkat teknologi lainnya sebelum Anda pergi tidur.