Teknoup.com --- Jejaring sosial Twitter mengumumkan telah membeli 900 paten dari pemilik paten terbesar, IBM. Selain itu, perusahaan tersebut juga menyepakati kerjasama silang lisensi. Menurut Legal Director Twitter, Benjamin Lee, cara ini dipilih untuk menghargai kekayaan intelektual dan memberikan kebebasan untuk berinovasi.

Sebelumnya pada bulan November 2013 silam, IBM pernah menyurati Twitter. Isi surat tersebut mengatakan bahwa Twitter melakukan pelanggaran paten milik IBM. IBM juga meminta Twitter agar mengadakan negosiasi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun pada saat itu Twitter mengatakan bahwa pihaknya bisa bertahan dari tuduhan yang dilayangkan.

Tiga pelanggaran paten IBM oleh Twitter diantaranya terkait efisiensi pengambilan penyalur sumber daya sama, penyajian iklan dalam layanan interaktif, dan program penemuan kontak umum. Dalam pengumuman kerjasama itu, kedua perusahaan tidak mau mengungkap besaran keuangan yang telah disepakati.

Sebagai perusahaan yang relatif baru, Twitter hanya memegang beberapa paten. Sementara IBM memiliki lebih dari 41.000 paten.