Baru aja menjabat, tapi Jokowi udah melakukan cukup banyak perubahan. Termasuk salah satunya adalah mengenai sistem pembayaran PNS. Jika dulunya para pelayan pemerintah ini diberi tunjangan pensiun, kini sistemnya diubah menjadi fully funded yakni diakumulasikannya dana pensiun dari pembayaran premi murni sang PNS. Well, sepertinya ini bukan berita yang menggembirakan.

Nah, nggak ada lagi tunjungan pensiun harus disikapi dengan cerdas nih. Nggak ada pilihan lain selain bikin usaha yang penghasilannya bisa buat menggaji diri sendiri. What do you think, Guys? Ada beberapa alternatif usaha yang menjanjikan nih utamanya untuk saat ini. Intip macamnya berikut.

Bisnis batu akik

Gunakan uang akumulasi pensiun untuk investasi. Emas sih oke, tapi harganya fluktuatif dan bikin kamu nggak bisa menikmati hasilnya dengan cepat. Kenapa nggak bisnis batu akik aja? Harganya yang lagi gila-gilaan serta masa booming-nya yang lama bakal bikin kamu mampu mengeruk banyak keuntungan. Kalau bisa secepat mungkin jualnya. Kalau udah nggak hype bikin kamu lumayan merugi, Bro. Ingat tanaman gelombang cinta atau ikan Lou Han? Yup, akik mungkin aja bernasib serupa.

Bikin clothing distro

Emang bakal banyak saingan sih, tapi di sinilah tantangannya. That’s why, you need to be different. Bisa dari model, jenis, art dan lain sebagainya. Branding juga penting tuh, kalau bisa yang catchy dan mudah diingat orang. Bisnis ini juga bisa menampung ide-ide liarmu. Think about it!

Bikin café

Ini sih makin banyak lagi saingannya. Tapi, satu hal yang harus kamu ingat. Selalu ada yang baru, tinggal gimana caramu mencarinya. Nggak harus benar-benar ide yang fresh, kombinasi juga boleh banget tuh. Misalnya aja cafe yang konsepnya urban toys digabung dengan nuansa alam dan makanannya disajikan lewat food truck. Apa pun asal unik pasti diminati.

Nggak masalah kalau peraturan tentang pembayaran pensiun dihapuskan, asal bisa menghidupi diri sendiri semuanya bakal baik-baik aja. Selamat berkreasi dalam bisnis, Guys!