Teknoup.com --- Meski perusahaannya sedang mengalami masa-masa sulit, perangkat BlackBerry selalu dikenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi. Itulah mengapa perangkat BlackBerry banyak digunakan di perusahaan-perusahaan dan instansi pemerintahan. Namun kini tak hanya instansi pemerintahan atau perusahaan kelas atas saja yang bisa memanfaatkannya, konsumen perorangan juga bisa memiliki ponsel BlackBerry dengan keamanan tingkat tinggi itu.

Secusmart GmbH, perusahaan keamanan asal Jerman baru-baru ini membuka pesanan ponsel BlackBerry dengan keamanan ekstra ketat. Perusahaan tersebut menyediakan perangkat BlackBerry 10 'anti-sadap' untuk karyawan pemerintahan, petinggi perusahaan, atau bahkan siapa saja yang membutuhkan komunikasi yang lebih aman. Sebelumnya, perangkat seperti ini memang tidak bisa dibeli sembarangan, namun saat ini perangkat ala 'James Bond' itu bisa dibeli dengan harga yang cukup tinggi, yakni mulai 2.000 euro atau sekitar Rp 31 jutaan.

Fitur keamanan SecuSuite untuk BB10 ini berbasis hardware, dimana rangkaiannya terintegrasi denganelliptic curve cryptography, certificate-based authentication of call participants, dan 128 bit end-to-end AES encryption. Pada dasarnya, itu merupakan sebuah chip yang ditanam ke kartu microSD khusus, yang mana media ini menyediakan keamanan lebih untuk informasi-informasi penting.

Saat melakukan panggilan, komunikasi tersebut juga akan dienkripsi. Namun keamanan ekstra ini hanya bekerja jika perangkat yang dihubungi memiliki tingkat perlindungan yang sama. Jika melakukan panggilan ke perangkat biasa atau pada saluran terbuka, komunikasi tersebut tidak terenkripsi.

Tak hanya BB10, Secusmart juga ada di ponsel Android. Kedepannya, perusahaan ini berencana menghadirkan fitur keamanannya pada smartphone yang lebih terjangkau.