Talkmen.com --- Pemilihan kasur yang tepat juga berpengaruh untuk atasi berbagai nyeri di tubuh.

Perkara tidur ternyata tak selalu mudah bagi semua orang. Ada beberapa yang menghabiskan waktu semalaman hanya untuk mencari posisi tidur yang  tepat. Apakah Anda termasuk salah satunya? 

Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak ada satu pun posisi tidur yang tepat. Namun ada beberapa posisi tidur yang disarankan untuk mengurangi beberapa keluhan pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa keluhan sakit yang mungkin dapat teratasi dengan pemilihan posisi tidur yang tepat.

1. Mendengkur

Gangguan tidur ini disebabkan adanya hambatan pada saluran pernapasan yang biasanya oleh lidah atau jaringan lain di tenggorokan. Oleh karena itu, hindarilah posisi tidur telentang.

2. Nyeri pada ulu hati

Hindari posisi tidur telentang karena dengan posisi ini, kepala Anda tidak berada lebih tinggi dari perut. Justru tidur dengan posisi menyamping bisa membantu dalam kondisi ini.

3. Nyeri punggung

Untuk mereka yang menderita keluhan ini, posisi tidur telentang adalah posisi yang paling nyaman. Tidurlah seakan-akan Anda sedang berdiri tegak dan hindari posisi punggung yang melengkung.

4. Nyeri pundak

Posisi telentang dengan bantal kecil sebagai penyangga pundak juga baik untuk mereka yang mengalami keluhan pada pundak. Jangan tidur menyamping dengan berat tubuh bertopang sebelah karena ini justru akan memperparah keadaan.

5. Nyeri leher

Bagi Anda yang menderita nyeri pada leher sebaiknya hindari posisi tidur telungkup karena justru akan memberikan tekanan kepada sendi-sendi Anda.

Selain tips di atas, pada dasarnya bagi mereka yang memiliki masalah nyeri dianjurkan untuk memilih kasur yang tidak terlalu keras. Jenis kasur yang baik untuk tubuh adalah kasur yang dapat menyesuaikan diri dengan bentuk tubuh tanpa menimbulkan tekanan.