Talkmen.com --- Dari smart-glasses, smart-watches, hingga perlengkapan olahraga. Gadget bukan lagi sekedar ponsel dan tablet.

Tahun 2014 ini diprediksi akan menjadi awal meledaknya era wearable gadget.

Di era modern seperti saat ini, tren gadget dunia terus berkembang secara pesat. Dimulai dari ponsel yang semakin berkembang, era tablet, hingga kamera pintar. Well, di tahun 2014 ini dunia akan mulai digempur teknologi wearable gadgetWhat is wearable gadget? Pada intinya wearable gadget adalah berbagai macamgadget yang Anda gunakan setiap hari. Anda pasti sudah mendengar Google Glass dan juga berbagai brand ternama dunia yang siap meluncurkan smartwatch atau jam tangan pintar yang pastinya akan semakin berkembang.

Meski Google Glass dan berbagai merek smartwatch sudah santer terdengar beberapa bulan belakangan ini, namun baru di tahun ini awal ledakan teknologinya. Pertama-tama Google Glass. Meski sudah mulai dirilis ke kalangan tertentu semenjak 2013, Google disebut-sebut akan mulai merilis kacamata pintar ini secara umum dengan harga yang terjangkau. So, bersiaplah untuk melihat masyarakat umum menggunakan Google Glass di mana-mana. Berbagai vendor teknologi lainnya juga disebut-sebut siap menyaingi Google Glass.

 

Selain Google Glass dan berbagai kacamata pintar lainnya, tren yang sudah mulai meledak di pasaran adalahsmartwatch. Beberapa vendor mulai dari Samsung, Sony, dan LG sudah mulai merilis jam pintar mereka, sementara Apple kemungkinan besar akan merilis smartwatch mereka tahun ini. Apa sebenarnya kegunaansmartwatch? Beberapa smartwatch yang sudah muncul di pasaran saat ini merupakan ekstensi dari gadget-gadget Anda seperti ponsel atau tablet. Smartwatch dapat memberi tahu Anda ketika ada panggilan masuk maupun pesan yang masuk ke ponsel Anda. Hal ini tentu saja berguna ketimbang Anda harus memegang ponsel setiap saat agar sambungan telepon maupun pesan  yang masuk tidak terlewat. 

Berbagai vendor yang telah merilis smartwatch saat ini memang baru mereka yang menggunakan sistem operasi Android. Tinggal menunggu smartwatch keluaran Apple apakah akan serupa dengan jam pintar yang bersistem Android atau jauh lebih canggih dan mempunyai kegunaan lebih.

 

Selain kacamata dan jam tangan pintar, tren yang sedang berkembang saat ini adalah teknologi yang dapat digunakan saat olahraga. Beberapa bulan belakangan Anda pasti sudah sangat familiar dengan teknologi Nike dengan iOS milik Apple melalui Nike Run yang dapat memonitor aktivitas olahraga Anda. Namun ini hanya titik awal dari perkembangan teknologi yang dapat membantu aktivitas olahraga.

Nike sendiri dalam waktu dekat siap merilis Nike Fuel Band terbaru, sebuah gelang yang dapat memonitor aktivitas olahraga Anda mulai dari lamanya berolahraga hingga berapa jumlah kalori yang dibakar. Menurut berita yang berkembang, Nike siap merilis Fuel Band yang akan terintegrasi tak hanya di iOS namun juga Android dan Windows. Adidas sendiri juga dikabarkan akan merilis gadget serupa.

 

Who knows perkembangan apalagi yang akan terus muncul dalam wearable technology yang diprediksi akan meledak di tahun ini. Yang jelas dengan semakin berkembangnya kemampuan para vendor meluncurkan berbagai macam produk dengan teknologi yang semakin modern, jangan heran jika tren wearable gadgetmendominasi pasar di 2014.