Merdeka.com - Generasi sekarang mungkin kurang akrab mendengar nama Stevie Wonder lantaran sudah tersohor pada 1960-an hingga kini masih aktif di dunia musik. Lagu-lagunya merajai tangga musik sejagat. Dia menjadi legenda.

Musisi bernama asli Stevland Hardaway Morris ini lahir pada 13 Mei 1950 di Amerika Serikat. Dia mengalami kebutaan sesaat setelah melihat dunia, namun itu tidak menghalanginya bermusik. Wonder akrab dengan piano dan pelbagai alat musik lain sejak belia. Tak heran jika dia piawai menekan tuts piano atau bermain harmonika sambil bernyanyi.

Ketenaran Wonder dalam bermusik sudah tidak diragukan lagi. Satu hal paling menarik darinya. Ternyata dia bukan hanya tersohor sebagai musisi, namun juga punya pandangan politik yang cukup mencengangkan. Pada 1980 dia pernah berkampanye untuk menjadikan pegiat kemanusiaan Martin Luther King Jr pahlawan nasional Amerika sekaligus mencanangkan libur demi menghormati jasa-jasa Martin.

Pada 2009 Wonder diangkat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjadi duta perdamaian. Di sinilah awal keterlibatannya pada politik dunia dimulai dan berawal dengan membatalkan konser untuk mengumpulkan dana bagi Pertahanan Militer Israel (Israel Defense Force atau IDF) di Ibu Kota Tel Aviv.

Pada Desember 2010 Negeri Bintang Daud terkejut lantaran sang bintang tiba-tiba membatalkan konsernya bertujuan mengumpulkan shekel (mata uang Israel) bagi militer negara itu dan keluarganya. Menurut dia Israel telah semena-mena merampok tanah Palestina dan sebagai duta perdamaian dia salah satu orang yang sepakat berdirinya negara Palestina berdaulat.

Meski demikian dia menyatakan sangat menyesal dan minta maaf pada para penggemarnya di Israel. "Namun kebenaran harus ditegakkan. Perdamaian harus tercipta di mana pun dan kapan pun. Saya menentang keras perang dan selama dua negara itu masih dalam konflik, saya berpikir masak-masak untuk menggelar pertunjukan musik di sana. Saya benci perang yang terjadi di mana pun bukan hanya antara Israel dan Palestina," ujarnya seperti dilansir surat kabar the Huffington Post (2010).

Hingga kini Wonder masih aktif dalam kegiatan perdamaian dunia. Dia selalu ambil bagian dalam konser bertujuan amal.

Ingin lihat video klip Wonder dan lagunya yang paling dikenang? Tonton di sini.