Tanggal 23 kemarin dalam usia 90 tahun Raja Abdullah mengakhiri tugasnya sebagai pimpinan Arab Saudi untuk selama-lamanya. Ia mewariskan banyak sekali harta dengan nominal mencapai USD 20 miliar atau setara dengan Rp 2.500 triliun. Menjadi raja paling kaya di muka bumi selama bertahun-tahun dan akhirnya mangkat, otomatis posisi “The Richest King” pun berubah.

Nggak pakai lama, Forbes pun merilis peringkat terbaru raja paling kaya di dunia. Penasaran? intip daftarnya di bawah ini.

Hans Adams II

Forbes menaksir jika kekayaan Raja Liechtenstein ini sekitar USD 4 miliar atau sekitar Rp 43,3 triliun. Harta sebanyak itu didapatkannya lewat bisnisnya sejak muda dan warisan perusahaan keluarga.

Muhammad bin Rasyid al-Maktoum

Sebagai perdana menteri negara sekelas Uni Emirat Arab nggak usah heran jika Muhammad bin Rasyid memiliki kekayaan yang melimpah. Jumlah kekayaannya sekitar USD 12 miliar. Jumlah tersebut adalah 41 ribu kali rata-rata harta yang dimiliki warga biasa di UEA. Wow!

Khalifa bin Zayed al-Nayhan

Menjabat sebagai Emir atau setara presiden di Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed al-Nayhan punya harta yang nggak kalah banyak dari sang perdana menteri. Forbes menaksir harta sang presiden mencapai USD 15 miliar. Selain dari aset properti dan perusahaan, jumlah tersebut juga termasuk ladang minyak yang masih menyimpan sekitar 100 miliar barel.

Sultan Hassanal Bolkiah

Dikenal sebagai raja paling boros di dunia, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki harta sebanyak USD 20 miliar. Jumlah tersebut juga didapatkannya dari emas hitam yang melimpah di Brunai dan nggak bakal habis meskipun dihambur-hamburkan selama 25 tahun.

Raja Bhumibol Adulyadej

Cukup mengherankan jika ternyata raja terkaya dunia bukan berasal dari Timur Tengah, melainkan Bhumibol Adulyadej asal Thailand. Bermodalkan banyak tanah strategis di Negeri Gajah Putih serta beberapa perusahaan bonafid, raja 84 tahun ini ditaksir memiliki kekayaan hingga USD 30 miliar. Wih!

Itu lah daftar raja paling kaya se-jagat versi Forbes. Harta sebanyak itu, gimana tuh cara ngabisinnya?