Eits, gak usah panik dulu Bro. Hal yang seperti ini bukan lupa karena mulai pikun tapi karena fenomena bernama Event Boundary.

"Gw tadi kesini mau ngapain ya?” pertanyaan seperti ini sering muncul ketika kita lupa apa yang kita akan lakukan pada saat kita memasuki suatu ruangan atau tempat.

Yak, fenomena ini bukan karena Loe udah mulai pikun Bro, tapi fenomena ini disebut ”Event Boundary”. Seorang ilmuwan di Notre Dame bernama Gabriel Radvansky sudah 20 tahun meneliti fenomena ini. Radvansky melakukan beberapa ujicoba untuk mencari jawaban mengapa hal tersebut bisa terjadi. Bagaimana bisa otak kita yang begitu hebat” bisa lupa terhadap hal kecil seperti itu.

Nah, salah satu eksperimen yang dilakukan adalah Radvansky menyiapkan 3 ruangan di labnya untuk dilewati para peserta dan memberi tahu apa yang harus mereka lakukan di setiap ruangan. Hasilnya setiap kali peserta melewati pintu dan memasuki ruangan selanjutnya, peserta gak bisa mengingat apa yang harus dilakukan di ruangan tersebut. Hal ini membuktikan, for whatever reason, melewati pintu pada suatu ruangan yang baru membuat orang lupa apa yang harus mereka lakukan disana.

Event Boundary pada dasarnya adalah bagaimana otak kita terikat pada kejadian-kejadian di suatu lingkungan atau tempat kita berada, pada saat kita berpindah ruangan, otak kita membuat file” dari apa yang kita lakukan ditempat sebelumnya dan menyimpannya di bank memory. Disaat kita melewati pintu dan masuk pada ruangan kedua, otak kita otomatis mencari file” yang tadi sudah disimpan untuk diaplikasikan pada ruangan yang baru ini, dimana file” ini gak cocok dengan lingkungan atau tempat baru tersebut. Itu mengapa kita sering lupa apa yang harus dilakukan di ruangan yang baru.

walking-through-the-door-2

Ada yang pernah ngalamin hal seperti ini sama cewek Loe, Bro?

 

Sumber : brainpages.org, trax