Sudah bukan rahasia umum lagi tentang kegilaan para warga kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Mungkin kamu pernah mendengar berita fenomenal tentang gimana gaya hidup orang-orang di sana. Sebut aja misalnya mengoleksi puluhan mobil mewah premium hingga membangun infrastruktur yang fantastis. Soal hobi, mereka pun memilih yang elit pula.

Jika di Indonesia sangat umum balapan burung merpati, maka di Abu Dhabi pun sama. Bedanya, mereka menggunakan elang langka. Yup, mereka sangat hobi melakukan balapan unik itu. Bahkan agar tetap eksis, mereka pun membuat semacam festival yang diadakan setiap tahunnya.

Baru-baru ini, para penduduk di negara yang melimpah minyak tersebut, menggelar Festival International Falconry 2014 yang digelar di Haa Miim. Selain sebagai ajang pembuktian elang terbaik, event ini adalah salah satu bentuk wisata yang ditawarkan oleh pemerintah di sana.

Perlombaannya sendiri pada dasarnya sama dengan balap merpati di Indonesia. Jadi, elang diterbangkan dari titik start kemudian harus melampaui jarak tertentu hingga menuju titik akhir. Kadang, jenis permainan pun bisa berubah

jadi ajang saling terkam antara elang satu dengan yang lainnya.
Jika berkesempatan mengunjungi Abu Dhabi, jangan lewatkan deh event yang sepertinya hanya ada satu di dunia ini. Jangan lupa pula menyaksikan betapa prestisiusnya penghargaan yang diberikan kepada para pemenangnya.