Talkmen.com --- Ketika travelling seorang sendiri menjadi menyenangkan.

Siapa sih yang nggak suka traveling? Hampir nggak ada orang yang tidak suka jalan-jalan. Siapa yang nggak mau melewatkan kesempatan untuk melihat tempat-tempat indah di dunia, berkenalan dengan orang-orang baru, berpetualang, atau bahkan berbelanja. Seorang traveler sejati pasti mengerti sensasinya menginjakkan kaki di tempat yang asing dan menghirup udara baru.

Semua orang bisa traveling. Bedanya, masing-masing punya gayanya sendiri. Ada yang city person, mountain person, adventurous dan adrenaline junkie, beach addict, suka mencari ketenangan, suka mencari objek fotografi, atau justru gila belanja. Ada yang suka pergi beramai-ramai dengan teman-teman tapi ada juga yang "menemukan" diri mereka sendiri ketika mereka bepergian sendirian. Kalau Anda perhatikan, setelah hadirnyabudget airlines, semua orang jadi lebih mudah traveling, bahkan makin banyak juga kita temukan backpacker lokal yang traveling sendirian. Nggak peduli ada temen atau nggak, nggak peduli punya duit atau nggak, pokoknya jalan aja!

Kenapa sih traveling sendirian itu seru?

Fleksibel - Bebas mau ngapain aja!

Fleksibilitasnya tinggi sekali! Kalau Anda orangnya sangat on-time, Anda nggak perlu emosian ketika partner traveling Anda terlambat, atau sebaliknya.You travel in your own pace. Kalau kamu nggak suka museum, ya nggak usah ke museum. Nggk ada bentrok sama orang lain, semua suka-suka kamu. Mau berlama-lama duduk di coffee shop atau seharian cuma jalan kaki dan liat-liat pemandangan kota tanpa ada kewajiban nemenin teman belanja juga terserah kamu. Nggak ada kegiatan menunggu dan ditungguin, semuanya bebas!

Lebih murah

Nggak dalam segala hal sih murahnya. Kadang untungnya traveling berdua atau rame-rame kamu bisa patungan dalam membayar sesuatu, misalnya transportasi atau makanan. Kalau traveling sendirian, semua ya ditanggung sendiri. Tapi di satu sisi, Anda nggak terikat orang lain. Kamu bisa makan murah berhari-hari tanpa kena komplain dari teman kamu. Semua kamu yang atur. Bisa aja kan mau hemat biaya makan, jadinya kamuhang out di tempat yang murah, tapi nggak perlu merasa nggak enak sama teman-teman lain. Mau hemat biaya transport? Kamu bisa jalan kaki seharian tanpa ada orang-orang lain yang mengeluh capek. Jalan-jalan bisa jadi sangat sederhana, hemat, tapi bermakna karena tidak banyak halangan ;)

Lebih mudah ketemu banyak orang baru!

Traveling juga jadi sarana kita berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai tempat. Sungguh suatu kesempatan yang bagus untuk memperluas network. Kalau traveling rame-rame, Anda nggak akan selaluapproachable karena orang yang mau berkenalan dengan Anda terhalang dengan grup Anda, atau justru tidak menyadari keberadaan kamu karena kamu sedang bersama teman-teman.
Dan... selain bisa menambah banyak kenalan baru, it can also lead to romance ;) And holiday fling is somewhat adventurous too! ;)

Menemukan kedamaian dan banyak belajar tentang diri sendiri

Berjalan-jalan di tempat asing sendirian bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan semua orang. Memang, pengalaman orang itu sangat subjektif. Yang dirasakan ketika traveling sendirian adalah mendapatkan ketenangan batin. Rasanya seperti masuk dalam momen "self-discovery". Karena sendirian lah Anda jadi lebih punya banyak waktu untuk berpikir lebih jauh dan jernih. Karena sendirian jadi lebih peka dalam mengamati. Karena sendirian juga lah jadi bisa lebih berani dan percaya diri, karena segala masalah dan ketakutan dalam perjalanan harus dihadapi sendiri. Berjalan-jalan sendirian juga membuat kita lebih mawas diri karena kita tidak bisa mengandalkan siapa-siapa selain diri kita sendiri.

Berjalan-jalan sendirian juga bisa menjad suatu pencapaian sendiri dalam hidup: "Oh ternyata saya bisa juga ya survive di negara asing ini sendirian selama berhari-hari." Tidak hanya mengalahkan keadaan, tapi Anda juga mengalahkan diri sendiri dan menemukan hal-hal yang tadinya tidak Anda sadari. 

So... are you booking your tickets now? ;)