Wacana pemindahan ibu kota bergaung lagi setelah beberapa waktu lalu pemerintah pernah mencanangkan hal yang sama. Kali ini pemerintahan Jokowi-JK rupanya lebih serius lagi dengan beredarnya kabar kalau pihak-pihak terkait udah melakukan serangkaian persiapan untuk bisa merealisasikan hal tersebut. Bahkan Andrinof Chanigo selaku Menteri Perencanaan dan Pembangunan mengatakan jika besar kemungkinan ibu kota bakal dipindah ke Pulau Kalimantan.

Ia mengatakan kalau Sampit dan Pangkalan Bun menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Jakarta dengan mempertimbangkan banyak alasan. Misalnya jaraknya yang nggak terlalu jauh dengan Pulau Jawa sehingga memudahkan untuk menjaga stabilitas dan kesinambungan. Langkah serius ini bahkan udah mencapai membuat rancangan peta pemindahan.

Tentunya memindahkan sebuah ibu kota negara nggak semudah seperti loe pindah tempat kencan. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan dan juga biaya yang besar banget. Andrinof mengatakan jika estimasi biaya untuk pemindahan ibu kota ini bisa mencapai Rp 200 triliun. Nilai ini belum ditambah biaya operasional pertahunnya yang mencapai Rp 10 miliar.

Meskipun kelihatannya cukup besar, tapi dampak yang dihasilkannya nanti juga nggak kalah besar. Misalnya pembangunan yang lebih merata, investasi besar-besaran dari pihak luar hingga meningkatnya visitasi ke ibu kota negara yang baru. Pokoknya, bakal banyak hal yang positif yang diciptakan termasuk stabilitas pemerintahan.

Jika wacana ini direalisasikan, bukan nggak mungkin Indonesia bakal keren seperti Malaysia. Punya pusat pemerintahan dan bisnis yang beda dan emang terlihat hasilnya seperti apa, kan? So, siap-siap buat pindahan nih, Bro!