Teknoup.com --- Sejumlah handset Sony yang telah diumumkan bakal mendapat update Android 4.3 Jelly Bean kini mulai menerimanya. Melalui blog resmi Sony, perangkat Xperia yang mulai mendapat update tersebut adalah tipe Z, ZL, ZR, dan Tablet Z. Dalam pembaruan yang diberikan, selain meningkatkan performa dengan Project Butter, Sony juga menghadirkan beberapa fitur baru.

Pertama, Sony menghadirkan Smart Social Camera seperti yang ada di Xperia Z1. Kedua, Sony memperbarui beberapa aplikasi penting seperti Messaging, MyXperia, Smart Connect, Small, TrackID, dan Sony Select. Ketiga, sejumlah aplikasi Media seperti WALKMAN, Album dan Movies kini terintegrasi dengan layanan Sony Entertainment Network.

Sony juga menghadirkan kustomisasi antarmuka melalui Xperia Themes dengan pilihan paket UI yang bisa diunduh dari Sony Select. Di bidang keamanan, Sony meningkatkannya dengan solusi mobile enterprise "Xperia in Business". Sedangkan untuk Baterry Stamina Mode, Sony memperbaruinya dengan antarmuka yang lebih segar dan menambah pilihan untuk menghemat baterai.

Untuk Xperia Tablet Z, Sony menambahkan Restricted Profiles untuk meningkatkan kontrol pengguna. Disini terdapat pilihan untuk mempersempit akses, membuat penyimpanan terpisah, perbedaan home screen, widget, dan pengaturan. Update resmi Android 4.3 ini sudah mulai digulirkan sejak kemarin. Waktu ketersediannya tergantung dari wilayah pemasaran atau operator yang bekerjasama.