Teknoup.com --- Dunia konsol game sedang bergairah pada saat ini. Baik Sony maupun Microsoft baru saja mengumumkan kesuksesan masing-masing pihak dalam penjualan konsol game dan dalam jumlah game yang dijual selama bulan Januari 2014 yang lalu.

Data yang digunakan oleh Sony dan Microsoft berasal dari NPD. Pihak Sony mengklaim bahwa pada bulan Januari 2014 lalu konsol PlayStation 4 miliknya meraih angka penjualan tertinggi baik di Amerika Serikat maupun global. Sementara itu Microsoft mengklaim bahwa pihaknya mampu menjual game terbanyak pada bulan yang sama untuk konsol buatannya.

Keberhasilan Sony ini berarti mengalahkan Xbox 360 yang selama bertahun-tahun menjadi konsol paling laris menurut NPD. Menurut Sony, PS4 mampu mengungguli penjualan Xbox One dengan angka penjualan 2 banding 1. Sementara itu pihak Microsoft mencatat bahwa Xbox One terjual 2,29 kali lebih cepat daripada Xbox 360 selama 3 bulan pertama penjualannya. Pihak NPD mengestimasikan bahwa sebanyak 2,27 juta judul game telah dibeli oleh konsumen Xbox One dan Xbox 360 selama bulan Januari lalu atau mampu meraih pangsa hingga 47%.

Klaim Microsoft ini perlu dilihat secara obyektif. Jika membandingkan hanya antara Xbox One dan PlayStation 4, Sony ternyata mampu mengungguli penjualan game di bulan Januari lalu. Menurut NPD, game PlayStation 4 terjual 2 kali lipat lebih banyak dari jumlah game yang terjual untuk Xbox One. Penjualan game terbanyak untuk bulan Januari 2014 lalu adalah Call of Duty: Ghosts, yang tersedia untuk Xbox 360, PS3, Xbox One, PS4, Wii U, dan PC.