Talkmen.com --- Ada banyak jalan menuju Roma, demikian pula ada banyak jalan menjadi pegawai ideal di kantor Anda.

Ingin mendapat kepercayaan lebih dari bos Anda di kantor? Ayo baca dulu beberapa saran dari kami tentang bagaimana caranya menjadi karyawan paling menonjol di kantor Anda.

Bangun pagi-pagi untuk bersiap ke kantor, bekerja non-stop dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore, sesekali menghadiri meeting dengan tim, pulang dengan membawa setumpuk pekerjaan untuk dikerjakan sebelum akhirnya kembali tidur, dan siklus yang sama berulang from Monday to Friday.

Mungkin Anda berpikir melakukan rutinitas bekerja seperti di atas dan menyelesaikan setiap tugas adalah tantangan terbesar dalam bekerja. So here's the thing, melakukan tugas dengan baik bukanlah tantangan utama Anda. Menyelesaikan tugas dengan baik, membuat bos senang dengan hasil kerja Anda, dan menerima gaji setelahnya mungkin terdengar seperti Anda seorang karyawan yang baik. Tetapi semua orang pun melakukan yang sama, so there is nothing special about it.

Bekerja dengan sekelompok orang dalam tim atau di kantor, di mana semua melakukan pekerjaan sesuai keahliannya dengan baik, tantangan terbesar adalah bagaimana Anda bisa menonjol dari yang lain.

Banyak keuntungan yang bisa didapat jika Anda stand out di lingkungan kerja, misalnya memperoleh kesempatan lebih besar untuk promosi, lebih dihormati oleh orang-orang di kantor, dan dipercaya oleh bos Anda.

Seperti apakah sosok pegawai ideal yang menonjol di kantornya?  

How do we stand out from the pack? Sekedar 'doing your job' tidaklah cukup. Orang yang menonjol di lingkungan kerja memiliki sesuatu yang membedakan dirinya dengan pegawai lainnya. Ya, tidak ada jalan lain, jika Anda ingin stand out di lingkungan kerja, Anda harus memiliki nilai lebih dengan melakukan hal-hal yang lebih dari sekedar menjalankan kewajiban Anda.

Reputasi adalah hal yang penting jika Anda ingin stand out di lingkungan kerja, karena jika Anda melakukan hal yang mediocrethen you would be a mediocre guy. Oleh karena itu penting bagi Anda melakukan hal yang (lebih) baik demi membangun reputasi baik.

So, apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat diri Anda menonjol dari rekan-rekan Anda?

8. Be Full of Initiatives

Inisiatif, ide dan kemauan untuk melakukan sesuatu yang lebih bisa berarti banyak.  

Inisiatif adalah cara paling instan untuk mendapat perhatian dari bos Anda (dan karyawan lainnya). Lakukan sesuatu secara inisiatif mulai dari hal kecil seperti mengisi ulang kertas di mesin fotokopi, menanyakan bos Anda apa ada pekerjaan lain apabila pekerjaan Anda sudah selesai, sampai ke hal seperti mengubah tampilasliden  presentasi agar terlihat lebih menarik.

Lakukan dengan tulus dan kebiasaan inisiatif ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang disukai orang-orang di kantor Anda.

Memang terkadang ada orang-orang yang akan menganggap tindakan Anda sebagai 'mencari muka', tetapi motivasi tulus Anda yang akan membuat Anda lebih menonjol dari mereka. Mulailah berlaku inisiatif dengan mengerjakan tugas bagian Anda tanpa disuruh.

7. Speak Out, Activate Yourself

Utarakan pendapat Anda dengan cara yang benar dan tepat.  

Mungkin bagi banyak orang rapat adalah kegiatan yang membosankan dan hanya menghabiskan waktu. Lihatlah ekspresi beberapa orang saat rapat yang hanya melamun atau mengintip ponselnya, dan beberapa ikut berpartisipasi seadanya. Ada yang menganggap melamun dalam rapat atau sekedar menjadi pendengar yang baik sudah cukup, tetapi apabila Anda ingin tampil menonjol, hal ini tentu tidak cukup.

Jadikan rapat sebagai kesempatan Anda untuk bersinar.

Di saat orang lain memiliki mindset seperti itu, jadikan rapat sebagai kesempatan Anda untuk bersinar. Fokuskan diri Anda dalam rapat dan beranikan berbicara pada kesempatan yang tepat. Berikan pendapat, sudut pandang, ide atau bahkan kritik membangun (tentunya sampaikan dengan sopan dan tidak asal berbicara).

6. Be Organized

Jadilah orang yang terorganisir dan rapi dalam eksekusi to-do list.  

Di awal kita sudah membicarakan pentingnya reputasi baik. Salah satu cara untuk membangun reputasi yang baik adalah membiasakan diri untuk selalu organized. Manajemen waktu, tugas, prioritas, dan segala hal dengan baik sehingga semua urusan Anda berjalan lancar.

"It takes a lifetime to build a good reputation, but it only takes 15 minutes to destroy it!" - Warren Buffett -

Sebenarnya menjadi pribadi yang organized tidak sepenuhnya sulit. Anda dapat memulainya dengan rajin mencatat dan mengaktifkan reminder yang dapat Anda lakukan dengan smartphone atau cara konvensional, yaitu dengan menulisnya di notes Anda.

Membangun image sebagai seseorang yang dapat diandalkan, butuh konsistensi dan waktu yang cukup lama untuk membuktikannya. Biasakanlah menjadi pribadi yg organized dan pada akhirnya hal itu akan menjadi kebiasaan Anda.

5. Dress to Impress

Penampilan bukan segalanya, tapi penampilan yang baik bisa banyak membantu imej Anda.  

Pakaian dan penampilan Anda mempengaruhi pandangan orang lain terhadap diri Anda. Secara umum, pakaian yang dikenakan seseorang memberi gambaran mengenai kepribadian orang tersebut. Studi riset menyatakan bahwa impresi pertama terbentuk hanya dalam 119 detik, maka dari itu sebelum Anda pergi ke kantor, luangkan waktu untuk bercermin dan merapikan penampilan dari atas sampai bawah. Rambut rapi, facial hair tercukur rapi, dan nafas segar akan menyempurnakan penampilan Anda.

Dress for the image and the job you want, for the life you aspire, for the goal you want to reach.

4. Keep Up With Everything, Everyone

Update diri Anda selalu dengan happenings di kantor.  

Walaupun tanggung jawab Anda terbatas pada bagian atau departemen tertentu dalam perusahaan, tidak ada salahnya Anda juga memperhatikan kinerja departemen lain. Lewat copy laporan perusahaan setiap bulan, cari tahu bagaimana kinerja rekan-rekan Anda di departemen lain. Hal ini penting supaya memberikan gambaran yang utuh mengenai keadaan perusahaan dan performa masing-masing departemen.

Juga perhatikan target dan pencapaian masing-masing departemen, dan berikan ucapan selamat kepada rekan-rekan di departemen yang mencapai target. Dengan melakukan hal ini, Anda sedang membangun reputasi sebagai seseorang yang concern dan well-informed dalam perusahaan anda bekerja.

3. Be Attentive

Beri perhatian Anda 100%!  

Siapa yang lebih Anda pedulikan, rekan kerja, atau orang yang Anda cintai? You know the answer. Sama halnya dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda, bisa jadi anak, istri, atau bahkan orang tua mereka.

Rekan kerja Anda juga memiliki keluarga di rumah atau orang-orang yang mereka sangat sayangi, cobalah mencari tahu tentang orang-orang tersebut. Mulailah dengan mencari tahu siapa orang-orang yang ada di profile picture mereka atau foto yang mereka letakkan di atas meja. Satu hal yang penting, Anda harus melakukan ini dengan tulus, jika Anda tidak bisa memunculkan perhatian yang tulus kepada mereka, Anda akan terlihat fakedan manipulatif.

Untuk atasan Anda, baik juga untuk melakukan hal yang sama, tetapi hanya jika mereka sendiri yang memberikan informasinya. Menanyakan hal-hal spesifik tentang kehidupan pribadi atasan Anda bisa menimbulkan prasangka yang kurang baik.

2. Add Stuff, Not Take Stuff Away

Tangan di atas, pikiran terbuka, berikan solusi!  

Kita semua pernah bekerja dengan orang yang hanya bisa mencari celah di pekerjaan, proyek, dan ide orang lain. Banyak orang yang bisa menemukan masalah, tapi hanya beberapa yang memberikan solusi.

Menemukan kelemahan seseorang atau sesuatu adalah hal yang mudah, dan hal itu tidak akan membuat Anda mendapat respect dari siapapun.

Sebaliknya, Anda akan memiliki image sebagai pribadi yang negatif dan tukang kritik. Lakukan yang terbaik dan maksimalkan kontribusi Anda dalam perusahaan untuk membangun dan mengembangkan perusahaan.

Jika Anda bisa melihat kesalahan atau cacat dalam sebuah perencanaan atau pekerjaan, lakukan sesuatu untuk menyelesaikannya, tapi pastikan kontribusi Anda harus positif.

1. Be Nice

Attitude, please!  

Bersikap baik pada orang-orang yang biasanya luput dari perhatian seperti staf admin, petugas kebersihan, keamanan, atau penjaga kantin langganan Anda di kantor tidak ada ruginya. Anggaplah mereka seperti bagian dari keluarga di perusahaan Anda dan perlakukan mereka selayaknya. Mulai dari mengatakan "tolong" dan "terima kasih", menyapa saat bertemu, mengenal nama masing-masing orang, sampai membawakan makan siang, mereka akan terkesan dengan Anda dan sebaliknya dan pada akibatnya anda akan diperlakukan dengan baik oleh mereka. Ingat, terkadang karakter seseorang dapat dinilai dari bagaimana dia memperlakukan orang yang dibawahnya.