Kalau loe pekerja keras alias suka begadang karena lembur, kopi bisa jadi teman terbaik yang pernah loe miliki. Minuman ini awalnya memang bikin mules. Tapi kalau sudah terbiasa, justru nggak bisa lepas dan wajib diminum paling nggak untuk mengawali hari.

Panas atau dingin, kopi emang nikmat banget bro. Bahkan mungkin sebagian dari loe belum bisa bangun kalau belum ngopi. Loe sudah kecanduan? Ini tanda-tandanya!

1. Nggak semangat sebelum menghirup aroma kopi.



Sampai di kantor paling awal padahal pulang paling terlambat. Daripada bete karena belum ada temen ngobrol, paling enak memang bikin kopi item panas di pantry kantor lalu dibawa ke meja. Aroma kopinya selalu bisa bikin loe jadi semangat. Sambil nonton channel YouTube favorit loe sebelum memulai kerjaan, minum kopi emang nikmat banget bro.

2. Kopi bikin nggak bisa tidur? Sorry not sorry, nggak ngefek!


Biasanya orang yang nggak terbiasa ngopi bisa melek semaleman setelah minum. Tapi buat loe yang memang sudah terbiasa dengan kafein, kopi bisa jadi nggak ngefek lagi. Walaupun loe minum beberapa gelas seharian, malamnya kalau sudah ketemu kasur pasti tidur juga.

3. Minuman pertama yang kepikiran setiap ke tempat nongkrong.



Ada jus, ada teh susu, ada mojito. Tapi ketika nongkrong bareng temen-temen, yang pertama kali muncul di kepala loe yang sudah kecanduan kopi adalah Ice Americano. Membayangkan kopi pahit ketemu es batu dan ditambah simple syrup rasanya seperti di surga!

4. "Eh, titip kopi boleh nggak?"



Kalau orang biasanya nitip oleh-oleh souvenir dari lokasi wisata di Indonesia, loe pasti akan memilih untuk nitip . Kalau ada temen yang pulang kampung ke Aceh atau Toraja, loe lebih suka dibawain satu bungkus kopi asli dari sana ketimbang sekedar gantungan kunci.

5. Maniak film bertema kopi.



Ini opsional, tapi kalau loe suka banget kopi mungkin loe juga akan tertarik untuk mengulang-ulang film bertema kopi. 'Filosofi Kopi' mungkin salah satu pilihan untuk ditonton. Atau kalau mau lebih berasa nostalgia, bisa lihat Ada Apa Dengan Cinta 2 walaupun adegan kopi-nya dikit sih.