Talkmen.com --- Antisipasi berlebihan AS pada perang nuklir bersama Uni Soviet.

Pada akhirnya, monumen ini hanyalah sebuah gambaran ketakutan dan penghabisan uang yang tidak perlu.

Di era 1960-an, pemerintah Amerika Serikat membangun The Safeguard Program yang berbentuk seperti piramida dengan puncak yang terpotong. Pemerintah AS memiliki rencana besar dengan kehadiran project mereka ini. You see, piramida ini terletak di sebuah situs pangkalan militer yang memiliki area sangat luas, lengkap dengan adanya tempat penyimpanan missile hingga radar system yang akhirnya dibuat dengan bentuk piramida tersebut.

AS hadir dengan itu semua dikarenakan adanya antisipasi serangan missile dari Rusia. Namun ternyata radar berbentuk piramida ini hanya menjadi sebuah tontonan karena mahalnya biaya yang dihabiskan ternyata tidak sebanding dengan fungsinya. The Safeguard Program terbukti tidak efektif karena dikhawatirkan masih memiliki efek berbahaya dari perang nuklir. Tiga hari setelah beroperasi, program ini akhirnya ditutup. Berikut foto-foto yang diambil dari arsip milik Library of Congress.

Kegagalan The Safeguard Program membuat bangunan piramida tersebut diberi julukan sebagai "a monument to man's fear and ignorance". Sounds reasonable. It was a waste of time and money.