Di antara banyak benda langit yang bisa dilihat, salah satu yang paling keren adalah komet. Keren banget sih emang, apalagi ketika ada fenomena seperti hujan komet. Tapi, dibalik visualnya yang indah tersebut, ada fakta yang mengejutkan tentang bau dari benda ini.

Berdasarkan sejarahnya, komet yang pertama kali dicium baunya adalah 67P yang saat ini tengah diikuti oleh pesawat luar angkasa milik Eropa bernama Rosetta. Menurut mereka, bau yang keluar dari komet tersebut seperti kombinasi antara telur busuk dan kencing kuda.

Emang nggak ada satu manusia yang ada mampu mencium bau dari 67P. Tapi, Rosetta dibekali alat semacam detektor gas yang mampu mendeteksi jenis gas apa aja yang keluar dari komet ini.

Setelah 10 tahun mengikuti 67P, Rosetta berhasil mengungkapkan gas apa aja yang ada di komet tersebut. Misalnya hidrogen sulfida, amonia, dan formaldedida. Hidrogen sulfida sendiri emang dikenal sebagai gas yang baunya mirip banget dengan telur busuk. Zat ini biasanya ditemukan di tambang-tambang dan dijadikan indikasi jika ada suatu kebocoran gas.

Nggak hanya Hidrogen Sulfida, amonia sendiri punya bau yang mirip banget dengan aroma kencing hewan, misalnya kucing dan kuda. Selain mengeluarkan bau kombinasi tersebut, 67P juga mengeluarkan bau semacam cuka karena keberadaan zat sulfur dioksida.

Dalam waktu dekat, Rosetta bakal menyelesaikan tugasnya membuntuti 67P. Tapi, bukan seluruhan unitnya, melainkan hanya sebuah perangkat bernama Philae.