Nggak hanya dalam film action, ancaman bom di pesawat juga benar-benar terjadi di dunia nyata. Cukup banyak kasus yang terjadi berkaitan dengan hal tersebut. Indonesia sendiri juga pernah mengalami hal serupa. Paling baru menimpa Batik Air yang beberapa waktu lalu mendapatkan ancaman bom dan harus mendarat darurat.

Nggak hanya Batik Air, ternyata ada beberapa kejadian serupa yang cukup menghebohkan itu.

Lion Air

Beberapa waktu yang lalu pesawat Lion Air pernah mendapatkan ancaman bom saat transit di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Mendengar kabar ini, tim elit dari berbagai jajaran pun siap sedia mengamankan pesawat dengan nomor penerbangan JT 568 itu. Hampir dua jam melakukan penyisiran Brimob dibantu TNI AU nggak menemukan benda mencurigakan berupa bomb tersebut.

Garuda Indonesia

Usai lepas landas dari Bandara Sam Ratulangi, Manado, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-601 mendapatkan fax dari seseorang. Isinya mengatakan kalau di salah satu bagian pesawat telah dipasangi sebuah bom C4 dan bakal diledakkan 30 menit sebelum pesawat mendarat. Untungnya ancaman mematikan ini nggak terbukti hingga pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta.

Batik Air

Pesawat dengan nomor penerbangan ID-6171 ini juga mendapatkan ancaman serupa kali ini lewat sebuah pesan pendek. Pesawat pun kemudian terpaksa mendarat darurat di Bandara Sultan Hasanudin dalam perjalanan rutenya dari Ambon menuju Jakarta. Semua penumpang dan kru berhasil dievakuasi dan kasus ini masih dalam pengembangan.

Itulah kasus ancaman bom pesawat yang pernah menghebohkan Indonesia. Mudah-mudahan di masa depan nggak ada hal-hal semacam ini lagi deh.