Hingga saat ini, total kasus virus corona di Indonesia sudah di atas 300.000 orang. Kurva penularan virus ini pun terus meningkat setiap harinya.

Sambil menanti hadirnya vaksin, kita harus tetap semangat berkarya di tengah pandemi dengan tatanan baru yang disebut "New Normal", dimana kita harus beradaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam melakukan aktivitas saat berkarya, kita pun wajib mengikuti protokol kesehatan, yaitu:

1. Cuci Tangan

Saat kita beraktivitas, pasti sulit bagi tangan kita untuk menghindari virus. Penyebabnya, mata tidak mampu melihat virusnya langsung, sehingga mencuci tangan adalah langkah terbaik untuk menghindari tertular penyakit

2. Jaga Jarak

Menjaga jarak bukan hanya upaya untuk melindungi diri dari Covid-19, tapi juga melindungi orang sekitar kita.

Ada beberapa alasan medis mengapa jaga jarak harus dilakukan untuk mencegah penularan virus, yaitu Covid-19 jelas menular lewat udara, jaga jarak bisa menghentikan laju penularan Covid-19, virus mampu menular dari jarak dekat.

3. Pakai Masker

Kita sangat wajib menggunakan masker saat beraktivitas. Dari hasil riset yang dilakukan oleh tim peneliti Texas A&M University, University of Texas, University of California, dan California Institute of Technology, mereka menemukan tingkat kasus positif Covid-19 di Italia dan AS baru melambat setelah kewajiban penggunaan masker diterapkan untuk publik, tidak setelah pemberlakuan kebijakan lockdown di kedua wilayah.

Nah, kalau kita tertib melakukan protokol kesehatan di atas, kita pasti bisa melandaikan kurva penularan Covid-19. Bersama-sama, mari kita selamatkan Indonesia!