Talkmen.com --- Cara sederhana memaksimalkan liburan tanpa jetlag.

Jetlag adalah masalah simple, namun kebanyakan orang kerepotan mengatasinya.

It's that time of the year again, holiday season! Banyak yang bisa Anda lakukan dalam liburan kali ini, sebagai usaha untuk menjernihkan pikiran dari rutinitas keseharian yang sibuk dan membuat jenuh. Berkumpul bersama keluarga atau travelling ke berbagai destinasi menarik bisa menjadi pilihan. Travelling memiliki satu masalah kecil yang terkadang agak mengesalkan jika tujuan Anda cukup jauh, yaitu jetlag.

Anda mungkin banyak menerima referensi obat-obatan untuk menghindari jetlag, namun ternyata ada hal-hal yang lebih sederhana untuk menghindari hal tersebut. TalkMen akan memberikan sedikit tips untuk menghindari jetlag, agar liburan Anda tidak terganggu oleh masalah kecil seperti ini.

Jangan terlalu banyak makan

 

Tidak jarang makanan di pesawat terasa sedikit aneh, namun kebanyakan penumpang akan tetap memakannya. Hal ini bukan didasari oleh rasa lapar, namun dipicu oleh rasa bosan terutama jika penerbangan berlangsung selama berjam-jam lamanya. Hindari makan terlalu banyak, atau kosongkan perut Anda bila perlu. Namun bila rasa lapar tak tertahankan, Anda bisa mengkonsumsi buah seperti apel.

Avoid alcohol

 

Or at least, don't drink way too much. Alkohol akan membuat Anda haus dan hal ini sebenarnya tidak baik. Untuk menghindari jetlag, Anda sebaiknya meminum air dalam jumlah banyak. Siapkan air mineral sendiri agar tidak repot berurusan dengan flight attendant.

Sleep if you can

 

Tidur adalah cara terbaik untuk melewati durasi panjang perjalanan Anda. Tapi tidak perlu dipaksakan jika Anda tidak mengantuk. Avoid sleeping pills, terutama jika Anda tidak pernah menggunakan sebelumnya. Mencobasleeping pills untuk pertama kalinya di atas pesawat bukanlah ide yang baik.

Get outside

 

Setelah tiba di tujuan, habiskanlah waktu untuk berjalan-jalan selama beberapa saat. Hal ini berguna untuk mengadaptasi tubuh Anda pada iklim atau cuaca di tempat tujuan Anda. Kegiatan yang Anda lakukan setelah sampai di tempat tujuan merupakan salah satu poin terpenting untuk menghindari jetlag.

Stay up late

 

Mungkin hal yang satu ini akan terasa sedikit berat terutama bagi Anda yang terbiasa tidur cepat, namun ada baiknya untuk tetap terjaga hingga jam 11 ke atas, kecuali Anda tiba di tujuan malam hari. Tahan keinginan untuk tidur walaupun tubuh Anda terasa letih. Hindari godaan untuk tidur di sore hari, karena faktanya tidur sore memang tidak baik untuk kesehatan.

Ulangilah langkah-langkah tersebut ketika Anda tiba di rumah. No jetlag, more fun. Happy holidays!