Talkmen.com --- Kenali bentuk wajah dan kacamata Anda. Wajah akan tampak lebih menarik jika menggunakan kacamata yang sesuai.

banner-ads

Kacamata adalah salah satu bentuk fashion yang terus menerus berkembang dari masa ke masa. Mulai dari kacamata dengan frame besar, kecil, tebal, tipis, sampai kacamata yang di desain untuk kepentingan-kepentingan khusus seperti olahraga. Salah satu titik fashion yang tidak akan mati perkembangannya.

Banyak sekali merek kacamata diluar sana, merek-merek tersohor dari luar negeri yang menguasai perkembangan fashion kacamata memang pintar membuat sebuah tren untuk memperkenalkan produknya. Tetapi ada juga yang memang sudah memiliki trademark kuat tanpa membutuhkan trik atau promo untuk produk-produknya. Sebut saja RayBan, yang memiliki image kuat dalam dunia fashion kacamata.

Dalam pengaplikasiannya, terkadang banyak orang yang salah kaprah mengenai kacamata. Dalam memilih kacamata, sebagian orang hanya melihat segi fashion-nya saja. Tetapi seharusnya kita juga memperhatikan bentuk wajah kita karena bentuk wajah merupakan poin terpenting yang bisa kita jadikan pertimbangan sebelum memilih kacamata untuk kita pakai sehari-hari.

Round Face

Kacamata yang cocok untuk orang dengan wajah bundar.  

Round face alias wajah bundar sering sekali mengalami kesulitan dalam hal memilih bentuk kacamata. Akan semakin lucu jika seseorang dengan wajah yang bundar memakai kacamata sejenis model wayfarer yang agak lonjong. Untuk pemilik wajah yang bundar, disarankan memakai kacamata dengan model yang cenderung kotak untuk sedikit menghilangkan efek 'round' pada wajah.

Kacamata Roosevelt dari Warby Parker ini cukup cocok untuk jadi pertimbangan. Check this one here.

Square Face

Koleksi dari Paul Smith yang pas dengan bentuk wajah yang kotak.  

Orang dengan wajah yang kotak atau biasa disebut wajah persegi merupakan kebalikan dari orang yang berwajah bundar. Si wajah kotak cenderung lebih mudah dalam hal memilih bentuk kacamata. Biasanya, orang dengan wajah persegi memiliki bentuk rahang yang tegas dan kuat. Carilah kacamata dengan bentuk yang agak oval atau bulat untuk sedikit menyamarkan bentuk tulang rahang yang tampak menonjol dan tegas.

Paul Smith Walsh Spectacles termasuk salah satu kacamata yang cocok kalian yang berwajah bundar. Check this one here.

Oblong Face

Untuk wajah yang cenderung lonjong, kacamata dengan frame tebal sangat disarankan.  

Si wajah oblong alias wajah lonjong hampir mirip dengan si wajah bundar. Si wajah lonjong sewajarnya memakai kacamata yang kotak, dengan frame yang agak besar atau tebal agar kontras dengan bentuk wajahnya yang panjang dengan garis pipi yang lurus dan melebihi lebar wajah. Dengan kacamata yang agak kotak, bisa juga membuat wajah terlihat tidak terlalu panjang dan kelihatan lebih menarik.

Oliver Peoples juga mengeluarkan salah satu kacamata yang pantas dipakai oleh para pemilik wajah lonjong.Check this one here.

Heart Face

Wajah hati seperti Johnny Depp tampak cocok dengan bentuk kacamata seperti ini.  

Pemilik wajah hati adalah orang yang berdahi lebar dan mengecil di bagian dagu. Dengan wajah seperti ini, kacamata frameless bisa menjadi pilihan, atau bisa juga dengan kacamata frame kotak ataupun oval yang memiliki lensa yang agak memanjang kebawah dengan tujuan untuk menutupi atau menyamarkan tulang pipi.

Salah satu koleksi dari RayBan bertipe RX5283 ini cocok untuk wajah-wajah sejenis Johnny Depp yang sangat terlihat heart shape face-nya. Check this one here.

Triangular Face

Pemilik wajah triangular disarankan memakai kacamata dengan frame tebal.  

Si wajah segitiga memiliki masalah yang berbanding terbalik dengan si wajah hati. Wajah segitiga memiliki dahi yang sempit dan melebar pada bagian rahang dan pipi. Dengan bentuk wajah seperti ini, lebih disarankan untuk memakai kacamata dengan frame yang agak tebal dan lebar yang biasa disebut dengan istilah cat-eye glassesagar wajar terlihat seimbang antara bagian atas dengan bagian bawah.

Gucci 1005 ini salah satu yang cocok digunakan oleh pria berwajah triangular. Dengan frame yang agak lebar, merek asal Italia ini bisa membantu menyeimbangkan bagian atas dan bawah dari wajah pemilik triangular shape ini. Check this one here.

Oval Face

Wajah oval mudah memilih bentuk kacamata apa saja.  

Wajah oval adalah wajah surga untuk para pemakai kacamata, karena wajah oval adalah bentuk wajah yang paling cocok untuk memakai kacamata dengan model apapun. Jika memiliki wajah 'bulat telur', anda tidak perlu pusing memikirkan bentuk kacamata yang pantas atau tidak. Cukup lihat panjang dan lebar kacamatanya saja, dan sesuaikan dengan panjang dan lebar wajah anda. Karena jika anda memiliki wajah oval yang cenderung kecil, pastinya akan tampak aneh jika anda memakai kacamata dengan frame tebal dan lebar.

Terry, salah satu andalan dari Moscot Originals memberikan sentuhan tersendiri untuk para pria berwajah oval.Check this one here.