Merdeka.com --- Penggunaan Flash Drive di era saat ini memang sudah banyak. Bahkan hampir setiap orang memiliki perangkat tersebut. Akan tetapi hanya sedikit yang mengerti bagaimana merawat dan melindungi flash drive dari kerusakan.

Untuk itu, melalui press release yang diterima merdeka.com (16/5), Kingston berbagi cara untuk melindungi flash drive milik Anda. Berikut ini adalah 3 cara untuk melakukannya:

1. Pindahkan atau cabut flash drive dari PC atau Notebook dengan cara yang benar. Jika flash drive dicabut pada saat drive sedang bekerja (membaca atau menulis file), maka data yang terdapat di dalamnya dapat rusak dan bahkan hilang. 

Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk dapat menunggu hingga flash drive berhenti melakukan pekerjaannya secara penuh sebelum mencabut flash drive. Misalnya, untuk menghentikan koneksi USB DataTraveler ke Windows, Anda harus mengklik icon 'Safely Remove Hardware' yang ada pada bagian sistem.

2. Tidak memaksakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan flash ke konektor. Konektor USB flash dirancang untuk digunakan searah, jadi harus dapat dicolokkan hanya dalam kondisi satu arah saja.

Apabila Anda mengalami kesulitan ketika ingin mencolokkan drive, jangan Anda paksakan. Hal tersebut akan membuat socket dan perangkat penyimpanan flash menjadi rusak hingga akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

3. Selalu lakukan backup terpisah untuk semua data Anda. Meskipun flash drive dapat sangat membantu dalam menyimpan data, tetapi selalu ingatlah untuk tetap melakukan backup terhadap informasi penting yang Anda miliki.

Backup tersebut bisa dilakukan ke berbagai media atau bahkan mencetak data tersebut pada kertas untuk penyimpanan dalam jangka panjang. Janganlah menyimpan data penting hanya pada sebuah perangkat penyimpanan flash tanpa melakukan backup di lokasi lain.

Selain tiga tips di atas, Anda pun juga dituntut cermat untuk membeli produk-produk resmi oleh jalur bersertifikasi, sehingga kelangsungan hidup flash drive Anda akan terjamin. Memang sulit jika harus membedakan mana produk asli dan palsu. Namun yang paling mudah adalah melihat label sertifikat pada produk.

Itulah cara atau tips untuk melindungi flash drive Anda, semoga bermanfaat.