Merdeka.com --- Pihak militer Indonesia membantah kabar bahwa pesawat MH370 sempat melintas di sekitar zona udara Indonesia dalam perjalanannya menuju sisi selatan Samudera Hindia.

banner-ads

Namun Indonesia tetap akan mempersilakan negara-negara lain mencari kebenarannya jika mereka masih penasaran akan hal tersebut.

"Radar kita (Indonesia) tidak menangkap radar dari pesawat itu. Namun, jika ingin mencari di sekitar wilayah Indonesia silakan saja," ucap Wakasau Marsdya TNI Sunaryo di upacara gladi resik HUT TNI AU ke-68 di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (7/4).

Kendati demikian, lanjut Sunaryo, tetap saja pencarian MH370 di wilayah Indonesia harus seizin pemerintah.

Di tempat yang sama, Kadispen AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto menambahkan Kementerian Luar Negeri melalui telah mengeluarkan izin bagi beberapa negara untuk melintasi zona udara Indonesia guna mencari keberadaan MH370.

"Karena ini operasi pencarian, jadi jika ada pesawat dari negara lain itu sudah diizinkan. Kemenlu sudah mengeluarkan izin melalui Pak Marty Natalegawa," jelas Hadi.

Beberapa negara yang telah diizinkan melintas di zona udara Indonesia yakni, Jepang, Malaysia, Uni Emirat Arab, Amerika, Australia dan Cina.