Talkmen.com --- Low budget travelling tips, menghasilkan uang sambil berpetualang akan memberi sensasi tersendiri.

Ada banyak cara untuk berkeliling dunia dengan budget yang rendah. Kami merangkum beberapa di antaranya.

Entah Anda seorang yang rajin melakukan travelling ke banyak daerah atau negara lain, berkeliling dunia kadang menjadi impian yang membuat terbayang-bayang. Kebanyakan orang akan mengeluh tentang biaya yang besar jika ingin berkeliling ke banyak negara di seluruh penjuru dunia. But you know what, ada banyak cara yang bisa dilakukan demi mewujudkan impian ini tanpa harus mengeluarkan biaya besar. TalkMen akan memberikan beberapa alternatif yang mungkin bisa menginspirasi Anda:

Bekerja di organic farm

 

Minat Anda di dunia pertanian dan keinginan kuat berkeliling dunia bisa dikombinasikan melalui program bernama WWOOF (World Wide Opportunities on Organic Farms). Program ini bisa diikuti oleh orang-orang dengan berbagai usia, namun kebanyakan memberi batasan di atas 16 tahun. Cara kerjanya mudah: Anda secara sukarela menjadi seorang WWOOFer dan setuju untuk bekerja di organic farm sekitar empat hingga tujuh jam per hari. Sebagai gantinya, Anda bisa mendapatkan makanan dan tempat tinggal gratis serta ilmu organic farm. Sangat berguna bagi Anda yang ingin berkeliling ke banyak negara dengan budget rendah.

Mengajar bahasa Inggris di sekolah dasar lokal

 

Ini adalah salah satu cara yang menjadi favorit banyak traveller, walaupun kebanyakan dilakukan oleh kaum wanita. Namun jangan salah, mengajar bahasa Inggris di negara-negara asing dapat menghasilkan honor yang lumayan untuk menambah biaya travelling Anda. Kebanyakan program memiliki aturan untuk pengajaran ini, seperti gelar sarjana atau sertifikat TOEFL. Namun tidak sedikit yang memiliki pengecualian, terutama jika Anda yakin bahwa Anda memiliki skill bahasa Ingris yang fasih. Jika Anda berniat melakukan perjalanan dengan cara ini, jangan lupa siapkan materi pengajaran yang kira-kira berguna ketika Anda menjadi guru nanti. Program ini bisa ditemukan di berbagai website seperti Teach Away.

Jual cerita perjalanan Anda

 

Blogger sejati akan menyukai cara ini. In fact, sebuah website travelling bernama Jauntaroo membuka kontes unik bernama Best Job Around The World yang memiliki hadiah seru bagi Anda yang suka menulis dan gemar berkicau di social media. Jauntaroo menyediakan hadiah sebesar $100.000 bagi Anda yang bersedia melakukan perjalanan ke lima negara berbeda sambil melakukan blogging tentang cerita perjalanan Anda. Namun banyak juga website lain yang menyediakan program bagi para penulis atau photographer yang gemar bercerita seperti Matador Network.

Menjadi crew yacht

 

Berperan sebagai seorang crew yacht tidak akan serumit bekerja di cruise ship, sama sekali berbeda. Beberapa website seperti crewseekers.net akan memberi kesempatan bagi mereka yang ingin bergabung sebagai crew, dengan berbagai posisi yang ada. Anda bisa menjadi chef, steward dan banyak profesi crew yacht lainnya. Bagi mereka penggemar petualangan laut, berkesempatan menjadi crew yacht akan sangat menyenangkan. Namun usahakan jangan berangkat ketika musim badai sedang berlangsung karena resikonya sedikit berbahaya.

Menjaga rumah orang lain

 

Home-sitting adalah program yang dapat dilakukan melalui proses yang sangat mudah. Seperti yang ada dalam House Carers, dimana sang house-sitter dan pemilik rumah bisa mengontak satu sama lain secara langsung. Proses selanjutnya akan berlangsung mulus jika Anda berhasil membuat yakin sang pemilik rumah bahwa Anda adalah house-sitter yang mereka cari. Tugas Anda pun biasanya tidak rumit, seperti menyiram tanaman dan memastikannya tidak layu hingga menjaga anjing sang pemilik rumah. Bahkan tidak jarang sang pemilik rumah menyediakan makanan selama Anda tinggal di rumahnya. Untuk masalah bayaran, Anda bisa menentukan tarif sendiri sesuai durasinya dan negosiasi dengan sang pemilik rumah.

Banyak cara yang bisa ditempuh bagi Anda yang memang memiliki niat besar untuk menjelajahi negara-negara yang membuat Anda penasaran. Kuncinya adalah kepercayaan, agar program atau pekerjaan yang Anda jalani bisa membuat perjalanan Anda menjadi sempurna walau dilakukan dengan budget yang rendah. And be creative too, masih banyak cara lain yang mungkin bisa menjadi alternatif untuk Anda.