Talkmen.com --- Ritual merawat wajah bagi pria tentu jauh berbeda dengan wanita. Esensi perawatan bagi pria lebih kepada bagaimana menjalani rutinitas dan asupan bagi kesehatan.

Age doesn’t matter. Itu pepatah orang-orang yang sepertinya memang memiliki spirit begitu dinamis dalam kehidupannya. Tidak peduli pria atau wanita, siapa pun terkadang menganggap usia sebagai momok yang identik dengan penuaan. Bagaimana dengan Anda? Pria memang sepertinya ditakdirkan untuk acuh tak acuh dengan perawatan diri. Tapi tahukah Anda, kesibukan yang dijalani sehari-hari telah menyita kualitas fisik seorang pria dari dalam. Bukan tidak mungkin, selain rambut putih yang mulai tumbuh, kerut di wajah atau kantung mata yang melebar tidak dapat dielakkan.

Faktor penyebabnya pun tak terhitung lagi. Stres berlebihan sampai urusan makanan ringan dapat memicu tampilan fisik seorang pria menjadi tampak menua. Mungkin Anda pikir dengan cukup berolah raga semuanya diatasi, tapi nanti dulu. Ternyata, bukan hal tabu bagi pria masa kini untuk bersentuhan dengan ragam perawatan wajah agar tetap terlihat segar. Aktivitas grooming yang dikhususkan bagi pria memang jauh dari kata ribet” seperti layaknya wanita. Tak perlu repot-repot mengantri seorang ahli perawatan wajah selama berjam-jam, Anda pun bisa melakukan rutinitas ini sendiri.

Air Putih + Irisan Lemon

Khasiat air putih sebagai penetralisir cairan tubuh manusia telah dibuktikan selama berabad-abad silam. Untuk menjaga agar wajah tetap terlihat segar, patuhi peraturan lama untuk selalu meminum dua liter air putih setiap hari atau setara dengan delapan gelas air. Memang, ada sebagian orang yang tidak suka minum air putih, mudah kembung dan mual alasannya. Jika Anda termasuk seorang di antaranya, cobalah untuk menuang dua liter air dalam pitcher kemudian masukkan dua irisan jeruk lemon ke dalamnya. Jeruk lemon ternyata memiliki zat antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas dalam tubuh manusia. Lakukan terapi ini setiap hari. Kesegaran air putih dan cairan jeruk lemon akan membuang toksin yang mengendap dalam tubuh, termasuk wajah Anda.

face-1

Detoksifikasi dengan Teh Hijau

Jika Anda penggemar sushi, pasti familiar dengan teh yang satu ini. Ya, teh hijau atau mungkin Anda mengenalnya dengan sebutan Ocha, adalah minuman yang paling berkhasiat untuk proses detoksifikasi tubuh. Toksin dan radikal bebas sangat berpengaruh dalam proses penuaan, bahkan dapat memicu penyakit kanker. Teh hijau memiliki bernama catechin yang berguna untuk menyaring radikal bebas, sehingga kesehatan organ tubuh seperti kulit tetap terjaga kesegarannya. Tetapi catechin yang terserap di dalam usus tidak sampai 80%, oleh karena itu asupan vitamin C melalui buah dan sayuran tetap harus dilakukan untuk membantu proses penyerapan tersebut.Minumlah teh hijau tanpa gula, setiap pagi sebelum sarapan, atau malam menjelang tidur.

face-2

Perbanyak Konsumsi Ikan, Bukan Seafood

Apa bedanya ikan dengan seafood? Baik, jika Anda penggila hidangan laut, cobalah untuk mengurangi konsumsi jenis santapan laut dari upafilum Crustacea seperti udang, kepiting, atau kerang. Kondisi kelautan di Jakarta yang telah tercemar logam berat biasanya menjadikan seafood cepat hilang kesegarannya. Kandungan histamin yang melonjak dan kadar protein yang terlalu tinggi akan berdampak pada alergi sehingga kesehatan kulit pun terganggu.Memakan jenis santapan laut yang tidak bercangkang (jenis Crustacea tadi) akan lebih baik karena sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Jika Anda pernah dengar mengonsumsi ikan dapat menghaluskan kulit itu memang benar, kandungan Omega-3, Omega-6, vitamin E, dan mineral adalah elemen-elemen penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Cobalah untuk mengonsumsi ikan 1-2 kali seminggu.

face-3

Kenali Face Wash Scrubs

Kini mari bicara soal perawatannya. Mungkin Anda perhatikan kini banyak sabun pencuci wajah bagi pria yang mengandung scrubsScrubs adalah butiran-butiran charcoal yang berguna mengeluarkan sel kulit mati atau biasa disebut komedo. Untuk menggunakannya, Anda harus memahami jenis kulit Anda sendiri. Kesalahan besar jika merasa kulit sangat berminyak, lalu Anda memakai pembersih scrubs sesering mungkin. Terlalu sering menggunakanscrubs memang membuat produksi minyak di wajah berkurang, namun itu sifatnya hanya sementara. Setelah jangka waktu lama, kulit Anda akan mengering dan membuat kulit wajah menjadi kusam. Untuk amannya, pilihlahfacewash scrubs yang diperuntukkan bagi kulit normal dan gunakan cukup sehari sekali pada malam hari usai beraktivitas.

face-4

Krim Wajah Juga Diperlukan Pria

Mungkin pasangan Anda sering meributkan krim malam atau krim-krim kecantikan lainnya. Wajar, bagi wanita melindungi wajah dengan aneka jenis krim harus dilakukan karena kondisi kulit wanita yang lebih rentan terhadap penuaan. Bagaimana dengan pria? Ternyata ada beberapa krim yang berfungsi menjaga kelembaban dan proteksi kulit wajah dari polusi maupun sinar matahari. Bagi Anda yang selalu beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya mengenali jenis krim yang berguna untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet. Saat malam hari, ada juga krim malam untuk melembabkan serta meregenerasi sel kulit yang telah usang. Tenang saja, memakai krim wajah tidak akan membuat Anda terlihat feminin, toh hasilnya demi penampilan Anda sendiri.

face-5

Facial? Why Not?

Jangan terlalu alergi dengan kegiatan yang satu ini. Kulit wajah pria memang diciptakan memiliki pori yang besar dibanding wanita. Oleh karena itu, pasti kotoran yang tersimpan menutupi pori akan lebih banyak. Dari pada Anda mengeluarkan komedo di wajah sendiri yang berakhir dengan luka dan membekas, percayakan saja pada ahlinya. Sisa sel kulit mati yang tidak bisa dibersihkan dengan facial scrubs, harus dikeluarkan menggunakan alat. Jangan pernah memakai tangan untuk melakukannya karena tangan adalah gudangnya kuman dan bakteri, salah-salah wajah Anda jadi berjerawat. Lakukan facial ini setidaknya satu kali dalam sebulan. Menyisihkan sedikit waktu untuk menjaga penampilan tidak ada salahnya kan?

face-6

Cukup Tidur dan Istirahat: It’s a Must!

Anda tak perlu mengeluh selalu kekurangan waktu tidur karena harus mengerjakan ini dan itu. Sebagai pria dewasa, manajemen waktu adalah sesuatu yang harus bisa Anda tangani dengan baik. Istirahat cukup adalah salah satu sumber kesehatan yang mutlak diperlukan. Anda mungkin sudah bosan dijuluki 'si mata panda’ karena kantung mata yang melebar dan menghitam. Atasi masalah ini dengan cukup istirahat. Tak perlu mengejar waktu tidur selama delapan jam (kecuali akhir pekan), enam jam adalah waktu yang ideal untuk mengistirahatkan organ tubuh Anda.Untuk menjaga kesegaran kulit wajah di sekitar mata, kompreslah area tersebut dengan kain yang telah direndam air es selama 10-15 menit.

face-7