Teknoup.com --- Uni Eropa dan Korea Selatan telah menandatangani kesepakatan untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai masa depan internet. Bersama, mereka akan mengembangkan generasi internet mobile baru alias 5G, serta mengevaluasi dampaknya kepada jaringan komunikasi dan komputasi awan.

UE melalui European Commission telah menginvestasikan 700 juta Euro (Rp. 11,3 triliun) untuk 5GPPP (5G Public Private Partnership), sementara industri UE akan menginvestasikan 5 kali lipat dari angka tersebut. Sementara itu Korsel akan melakukan investasi ke 5G Forum. 5GPPP dan 5G Forum kemudian akan menandatangani memorandum kesepakatan.

Visi mereka untuk jaringan 5G adalah menyediakan jaringan cepat, dengan teknologi 5G diklaim Anda bisa mengunduh film resolusi HD berdurasi 1 jam hanya dalam waktu 6 detik saja. Tentu tidak hanya bandwidth dan kecepatan tinggi, 5G juga akan dimanfaatkan untuk membantu kota cerdas, seperti kota Songdo di Korsel, dan memungkinkan kendaraan, bangunan dan infrastruktur saling berkomunikasi dan berinteraksi. Lengkapnya bisa dilihat di infografik di bawah ini.

Namun jangan berharap 5G akan segera dinikmati. Jaringan internet mobile generasi kelima ini baru akan diterapkan antara tahun 2020 sampai 2030 mendatang.

30137_22945_1_mid