Teknoup.com --- Bergantung pada pihak lain, apalagi pihak tersebut adalah rival seharusnya memang kurang menyenangkan. Apple mengalami hal tersebut, untuk chip yang digunakan di produk-produknya seperti iPad dan iPhone, mereka bergantung kepada Samsung, yang merupakan pesaing mereka untuk kategori smartphone dan tablet. Diberitakan oleh PhoneArena, sampai tahun 2015 Apple masih akan menggunakan jasa Samsung sebagai produsen chip iPhone di tahun tersebut, yang kabarnya diproduksi menggunakan pemrosesan FinFET 14 atau 16nm.

Namun ketergantungannya agak berkurang. Chip dengan pemrosesan 14 atau 16nm tersebut juga akan diproduksi oleh TSMC. Sementara untuk iPhone tahun depan yang menggunakan chip dengan pemrosesan 20nm, kabarnya TSMC lah yang menjadi penyuplai utamanya. Untuk chip FinFET, order dari Apple akan terbagi 60 persen untuk TSMC, dan 30-40 persen untuk Samsung. Sementara untuk tahun depan sepertinya akan terbagi 50-50.

Apple memang bertahun-tahun mencari pengganti untuk Samsung, yang selalu menyediakan chip A-series untuk iPhone dan iPad, dikarenakan hanya pabrikan Korea Selatan itu yang mampu memenuhi kuota raksasa dari Apple. Tidak hanya chip, layar pun demikian, karena Sharp memiliki masalah burn-in pada LCD yang digunakan untuk iPad Mini Retina, jadi kemungkinan mereka akan menggunakan jasa Samsung. Seperti yang diketahui Samsung seri Galaxy S merupakan pesaing terkuat Apple iPhone. Apple dan Samsung juga sering berseteru di meja sidang.