Teknologi komputasi yang makin berkembang emang berdampak sangat menguntungkan. Tapi, di sisi lain ada beberapa pihak yang juga menyebarkan ancaman dengan membuat virus yang makin susah ditangani dan sangat merugikan. Sejarah dunia komputer mencatat ada beberapa jenis yang telah merugikan pihak korban dengan menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Nah, berikut adalah daftar virus komputer paling merugikan di dunia.

Code Red

Virus ini diciptakan pada tahun 2001 di China oleh sumber yang belum diketahui hingga saat ini. Media penyerangannya adalah dengan menggunakan web browser. Maka dari itu, para pengguna internet lah yang menjadi korban paling banyak oleh serangan virus ini. Tercatat, sekitar 400 ribu server terinfeksi dan menyebabkan kerugian hingga USD 2,6 miliar.

Conficker

Conficker mengkhususkan targetnya hanya pada komputer berbasis Windows aja. Virus yang muncul pada tahun 2008 ini hampir bisa menyebar dari semua lini, misalnya email, USB drive, dan juga Hard Drive internal. Virus ini bisa membuat komputer target menjadi semacam botnet atau zombie yang bisa diatur pergerakannya oleh si virus.

ILOVEYOU

Virus ini hanya menyebar melalui email tapi nggak bisa dianggap remeh. Proses awal penyerangannya adalah mengirimkan email random kepada korban dengan membawa sebuah file bernama Love-Letter-For-You.TXT.vbs. Pengguna yang nggak sadar dan merasa tertarik maka akan membuka file ini dan menyebarlah ILOVEYOU. Cara unik ini cukup berhasil melumpuhkan banyak komputer. Meskipun nggak terlalu rumit, virus asal Filipina ini menyebabkan kerugian hingga USD 5,5 miliar. Wow!

Untuk menghindari hal-hal tersebut sebenarnya cukup mudah. Selain menggunakan antivirus yang terus update, kamu juga bisa memasang pertahanan lain misalnya dengan firewall.