Talkmen.com --- Jangan tertipu dengan badannya yang bongsor bertenaga listrik.

Negara-negara Eropa memang dikenal dengan produk otomotif yang memiliki ciri khas tersendiri, terutama dari segi performa dan ketangguhan. Tidak hanya mobil, begitu juga dengan kendaraan roda dua. Pekan lalu, Voxan, salah satu perusahaan otomotif asal Perancis, meluncurkan sepeda motor teranyarnya. Dalam penyelenggaraan Salon de la Motor Show di kota Paris, Voxan memperkenalkan Voxan Wattman, sepeda motor bertenaga listrik yang mampu menghasilkan tenaga 200 PS dan torsi 200,3 Nm. Pihak Voxan bahkan menyebut sepeda motor bertenaga listrik yang dirancang di Monaco ini paling dahsyat di dunia.

Dalam keterangan pers yang dikutip dari Motorcycle, Wattman memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah kecepatan maksimum hingga 170 kpj, dan melesat dari 0 hingga 100 kpj dalam hitungan 3,4 detik. Sangat mencengangkan mengingat tubuh motor ini terbilang bongsor dengan bobotnya yang mencapai 350 kg. Besarnya tubuh Voxan Wattman ini dikarenakan susunan baterai lithium-ion 12,8 kWh yang cukup banyak. Tidak mengherankan bila Wattman sanggup menempuh jarak maksimum 180 km.

 

Tidak seperti gadget yang kadang merepotkan saat melakukan isi ulang baterai, Wattman dilengkapi soket Combo II untuk memudahkan pengisian ulang secara cepat. Proses pengisian tenaga baterai selama 30 menit akan menambah daya sekitar 80 persen. Impresif bukan? Demi menjaga estetika dan menciptakan tampilan futuristik, maka motor dan baterai Voxan Wattman ditutup oleh sasis alumunium yang disebut exoskeleton.

Dimensi Voxan Wattman terbilang cukup besar, memiliki panjang 2.350 mm, tinggi 1.015 mm, lebar 815 mm, serta jarak sumbu roda 1.705 mm. Siluet motor ini begitu gagah dan boxy untuk melindungi baterai dan motor listrik yang tampak flat sebagai fairing. 

Menengok bagian belakang motor, terlihat lengan ayun yang terdiri dari empat titik dengan shockbreaker yang dipasang secara horizontal. Pada bagian depan terdapat garpu konvensional upside-down berukuran 43 mm. Untuk cakram rem depan digunakan ukuran 230 mm dengan empat empat piston pada kaliper merek Beringer. Rem belakang juga mengambil spesifikasi yang sama.

Rencananya Voxan akan memproduksi Voxan Wattman secara terbatas atau sesuai pesanan. Soal harga, belum ada keterangan resmi berapa Voxan akan membanderol motor elektrik bertubuh gagah ini.