Sudah berapa lama kamu mengenal Facebook? Atau sudah berapa lama kamu memiliki akun dan bermain Facebook? Berbahagialah kamu yang tinggal di negara yang tidak memberlakukan pemblokiran salah satu media sosial terbesar di dunia ini.

Facebook atau bisa disingkat FB, salah satu media jejaring sosial ini memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya adalah untuk mempertemukan teman lama atau mencari teman baru. Para pengusaha memanfaatkannya sebagai ladang promosi.

Tapi begitu besarnya manfaat FB terkadang salah dipergunakan oleh beberapa oknum. Hal inilah yang menjadikan dasar bagi rencana pemerintah Malaysia untuk memberlakukan pemblokiran situs Facebook.

Tentu saja hal seperti ini menuai banyak sekali kecaman, protes, dan juga cemoohan dari rakyat Malaysia yang aktif menggunakan Facebook. Mereka menilai rencana yang dibuat pemerintah ini sangat bodoh, memalukan, dan juga picik alias berpikiran sempit.

Seperti yang dilansir dari Asia One, kecaman itu datang dari pengguna aktif Facebook yang juga berkewarganegaraan Malaysia. Salah satunya adalah Felicia Ernestine Sylvester. Gadis ini mempertanyakan alasan rasional dari pemerintah tentang rencana pemblokiran FB.

Jika Malaysia juga melaksanakan rencana pelarangan penggunaan Facebook, berarti tindakannya ini meniru tindakan dari pemerintah Korea Utara dan juga Iran. Beberapa negara yang juga pernah memberlakukan pelarangan ini adalah China, Mesir, dan Pakistan. Namun saat ini sudah mencabut larangan tersebut.

Berita pelarangan ini juga diberitakan oleh stasiun berita nasional Malaysia, Bernama. Bagaimana menurutmu jika Facebook juga dilarang di Indonesia?