Beberapa hari terakhir banyak netizen mempertanyakan perihal telepon masuk dari luar negeri. Telepon ini datang dari nomor dengan awalan +242. Ketika diangkat, telepon tersebut akan langsung terputus.

Kalau loe salah satu yang menerima telepon dari nomor berawalan +242 abaikan saja bro. Jangan diangkat atau ditelepon balik. Sebaiknya langsung di-block saja nomornya. Kenapa? Karena ini adalah salah satu trik penipuan.

Techwelkin menulis, ini adalah trik penipuan yang menggunakan konsep telepon premium. Biasanya pelaku akan menyewa nomor premium internasional dari sebuah perusahaan lalu melakukan panggilan secara random dan dibiarkan tidak dijawab.

Ketika muncul notifikasi panggilan tak terjawab atau missed call di layar ponsel loe, biasanya loe akan tertarik untuk menelepon balik. Nah di sinilah modusnya berjalan. Jika loe menelepon balik maka si penipu akan mendapat uang dari biaya telepon internasional tersebut.

Media asing juga pernah memberitakan penipuan semacam ini adan sudah pernah juga terjadi di berbagai negara. Penipuan serupa pernah terjadi di awal tahun 2000-an dan disebut-sebut berawal dari Jepang.

Di kasus sebelumnya, penelepon akan kena biaya telepon internasional sampai USD 30. Bayangkan jumlah uang yang harus dikeluarkan jika sampai menelepon balik dan diangkat. Jadi, tetap waspada!