Loe pasti sudah nggak asing lagi dengan Wayang. Kesenian tradisional Indonesia yang punya banyak jenis ini sudah lama dilirik masyarakat dunia. Tapi loe tahu nggak sih wayang tertua di Indonesia?

Mungkin loe akan menjawab Wayang Kulit. Padahal jawabannya salah. Ternyata wayang tertua di Indonesia bukanlah Wayang Kulit melainkan Wayang Beber. Belum pernah dengar?

Wayang Beber konon dibuat pada tahun 1283 oleh Condro Sengkolo, Gunaning Bujongo Nembah Ing Dewo. Tapi kemudian mulai berubah seiring masuknya pengaruh Islam ke Jawa sehingga dibuatlah Wayang Kulit.



Sebagai yang tertua, Wayang Beber tidak bisa sembarangan dimainkan seperti Wayang Kulit. Biasanya ada ritual khusus sebelum menyajikan kisah Mahabharata dan Ramayana lewat Wayang Beber. Nah, inilah yang kemudian menarik perhatian dua perempuan Kroasia bro.

Mereka adalah Tea Skrinjaric dan Marina Pretkovic. Berasal dari rumah produksi Luma Film di Zagreb, Kroasia, keduanya akan membuat film dokumenter tentang Wayang Beber. Nggak main-main, mereka sudah mulai menyukai Wayang Beber sejak 2013 lho. Padahal di Indonesia sendiri banyak yang nggak tahu jenis wayang ini.



Nah sejak Juli 2016 sampai Februari 2017 ini, mereka sedang melakukan berbagai penelitian tentang Wayang Beber. Rencananya nanti akan digarap dalam sebuah film dokumenter berjudul Wayang beber on Java.

Belum tahu sih kapan filmnya akan mulai diproduksi dan dirilis. Yang jelas mereka berharap bahwa kesenian ini bisa dikenal nggak hanya di Indonesia saja tapi juga di seluruh dunia. Keren banget!