Talkmen.com --- Denim dan chambray dapat dikatakan sebagai salah satu material busana yang akan tetap abadi.

Fashion is always recycling itself but one of the basic items that apparently can never go out of style is the need for denim.

Kembali pada napak tilas beberapa abad silam, bahan denim atau yang akrab dikenal sebagai jeans digunakan oleh para pekerja kasar di Amerika. Alasannya pun terbilang sederhana, bahan tersebut kuat dan tahan lama. Ketebalan dan lapisan serat yang padat pada bahan itu adalah kunci utama mengapa bahan denim begitu bertahan sebagai salah satu material busana yang tak lekang oleh waktu. Hingga kini, denim atau jeans telah menjadi satu bahan pakaian yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Bahkan, ada pepatah mode yang menyebutkan bila seseorang tidak memiliki satu jenis pakaian atau celana jeans di lemarinya, ia pasti hidup di zaman purba.

Musim berganti musim, mode terus berkembang bagai roda yang tak henti berputar. Pola, desain, dan cuttingbusana berbahan denim tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Di era flower generation tahun 1970-an, celana jeans berpotongan 'cutbray' seperti virus yang menyusup pada style generasi muda saat itu. Anda mungkin tahu bagaimana potongan celana jeans ala Robert Plant sang vokalis Led Zeppelin yang begitu melegenda. Namun beberapa dekade setelahnya, saat ini bahan denim hadir dengan kreasi yang amat variatif meskipun tetap dalam lingkup tren potongan slim-fit.

Tidak hanya itu, kini tren bahan denim hadir ditemani dengan chambray yang merupakan metamorfosis denimitu sendiri. Masih banyak yang sulit membedakan manakah denim, manakah chambray. Bahan chambraymudah dikenali dengan ciri khasnya yang sekilas mirip dengan bahan denim namun sangat ringan dan lembut karena telah dipadukan dengan katun. Tetapi ada kesamaan antara bahan denim dengan chambray, yaitu warna birunya yang tetap kental dengan gaya maskulin khas pria. Tidak akan pernah ada kata kuno bila Anda menampilkan paduan denim dan chambray sebagai inpirasi penampilan di akhir pekan.

Well guys, denim is here to stay, and that's good too because one of the new ways to rock denim is with a head-to-toe look!

 

1. Half-Placket Denim Shirt by BALMAIN

2. Button-Down Collar Chambray Shirt by OFFICINE GENERALE

3. Slim-Fit Cotton-Chambray Shirt by ALEXANDER MCQUEEN

4. Slim-Fit Washed-Denim Jacket by BOTTEGA VENETA

5. Denim Jacket by MARC JACOBS

6. Jam Slim-Fit Washed-Denim Jacket by ACNE

 

 

1. Slim-Fit Washed-Denim Jeans by LANVIN

2. Slim-Fit Camouflage-Print Waistband Jeans by GIVENCHY

3. Slim-Fit Washed-Denim 17.5cm Jeans by SAINT LAURENT

4. Slim-Fit Washed Jeans by GUCCI

5. 1967 505 Slim-Fit Washed-Denim Jeans by LEVI'S VINTAGE CLOTHING

6. New Standard Regular-Fit Dry Selvedge Denim Jeans by A.P.C.

 

 

1. Colour-Block Leather Boat Shoes by BURBERRY PRORSUM

2. Hublot Classic Fusion Jeans by HUBLOT

3. Metal Skull and Leather Bracelet by ALEXANDER MCQUEEN

4. Panelled Satin Sneakers by GUCCI