Teknoup.com --- Windows Phone 8.1 untuk developer sudah resmi tersedia. Sejumlah pengguna yang ingin mencicipi versi terbaru lebih awal ini sudah mulai mengunduhnya. Microsoft mengatakan, selain terdapat fitur-fitur baru, update WP 8.1 juga membuat ponsel menjadi lebih cepat. Benarkah demikian?

Untuk membuktikannya, baru-baru ini situs Neowin melakukan perbandingan sederhana kinerja ponsel yang menjalankan Windows Phone 8.0 dengan Windows Phone 8.1. Ponsel yang digunakan untuk percobaan ini adalah Nokia Lumia Icon (Lumia 929 untuk Verizon) atau bisa dikatakan Lumia 930 versi CDMA.

Video perbandingan di bawah menunjukkan ada peningkatan kecepatan saat perangkat dinyalakan. Terlihat Lumia Icon dengan WP 8.1 mampu boot-up lebih cepat dibanding Lumia Icon yang masih menjalankan WP 8.0. Sementara saat proses dimatikan (shut down), justru WP 8.0 lebih cepat dibanding 8.1, meski perbedaan waktunya tidak terpaut jauh.

Untuk aktifitas lain seperti browsing aplikasi atau berselancar di internet tidak terlalu terasa ada peningkatan kecepatan yang berarti.

Di bawah ini adalah hasil uji benchmark menggunakan beberapa penyedia layanan benchmarking, yakni Multibench, Phone Mark, dan AnTuTu Benchmark.