Teknoup.com --- Menurut data dari MetroScanner, jumlah aplikasi Modern untuk Windows 8 dan 8.1 kini sudah mencapai lebih dari 150 ribu aplikasi. MetroScanner sendiri adalah website yang memonitor jumlah aplikasi yang Microsoft publikasikan setiap harinya.

Diluncurkan bersama Windows 8 di bulan Oktober 2012, Windows Store meraih pencapaian 100 ribu aplikasi 9 bulan kemudian, Juli 2013.

Delapan bulan setelahnya, saat ini, pertambahannya hanya 50 ribu aplikasi, yang berarti pertumbuhannya melambat, nyaris 50 persen selama kurun waktu Juli 2013-Maret 2014.

Angka mungkin kurang penting, yang lebih penting adalah kualitas aplikasi. Dalam beberapa bulan belakangan ini, aplikasi populer seperti Facebook dan Flipboard sudah dirilis, serta versi beta dari pemutar media VLC.

Baru-baru ini, bocoran dokumen dari Microsoft memperlihatkan rencana mereka untuk memungkinkan developer membuat aplikasi yang bekerja di Windows 8 dan Windows Phone, dengan coding tambahan yang lebih mudah. Jika sudah diterapkan, pastinya akan ada pertumbuhan besar untuk aplikasi keduanya.