Ibarat motor, jantung adalah mesinnya manusia. No one can lives without a heart! Tapi anggapan tersebut sepertinya nggak seratus persen benar. Buktinya seorang pemuda 24 tahun ini masih segar bugar meskipun tanpa jantung berada di dalam dadanya. Gimana bisa?

Sebuah alat yang bisa disebut sebagai jantung buatan berhasil diciptakan oleh para peneliti di University of Michigan Health System. Sama seperti jantung, alat ini bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Ditambah lagi berat yang hanya 6 kg membuatnya tak ubahnya seperti jantung biasa. Cool!

Pemuda 24 ini cukup beruntung karena mendapatkan alat yang bernama Syncardia Portable. Awalnya pria bernama Stan Larkin ini hidup normal seperti manusia pada umumnya. Namun suatu ketika ia mendadak terkena displasia ventrikel kanan. Agar bisa selamat jantung Larkin harus diambil dan dokter menyarankan agar melakukan darurat dengan menanam Syncardia di dalam tubuhnya.

Meskipun udah bisa hidup normal, Larkin mengatakan akan tetap menunggu ketersediaan donor jantung. Sebisa mungkin ia melakukan transplantasi dan bisa hidup dengan jantung asli.

Penemuan ini adalah masterpiece di dunia medis. Syncardia bisa jadi solusi ampuh bagi orang-orang yang bermasalah dengan jantungnya. Masalahnya, mungkin hampir nggak semua orang bisa melakukan tindakan medis yang sepertinya memakan biaya yang sangat besar ini.