Sepertinya makin banyak nih benda produksi Indonesia yang diakui kualitasnya oleh dunia. Setelah senjata sniper bikinan Pindad dan juga kapal boat milik sebuah perusahaan di Banten, kini giliran parasut asal Tulungagung yang mendapatkan apresiasi. Bahkan alat yang sering dipakai oleh TNI tersebut diakui sejajar kualitasnya dengan yang dipakai NATO.

Adalah CV Maju Mapan di Ngunut, Kabupaten Tulungagung yang berhasil menciptakan prestasi keren ini. “Kualitas parasut buatan perusahaan lokal CV Maju mapan ini tak kalah dengan produk dari luar negeri. Banyak yang sudah mengakui produk kami bagus dan aman, khususnya dari pengguna kalangan TNI,” ungkap Yafet Paiman selaku pemilik usaha.

Parasut yang diproduksi adalah jenis parabolik yang menggunakan bahan berkualitas dari Korea Selatan. Benda yang diberi label Garuda 1-P tersebut diklaim mampu digunakan hingga 16,5 tahun serta 100 kali peluncuran. Nggak hanya itu, parasut ini juga mampu menahan beban hingga 136 kg.

Parasut berkualitas tinggi tersebut ternyata udah digunakan oleh TNI selama bertahun-tahun. Meskipun masih kurang publikasi ke luar, tapi yang meminati produk ini lumayan banyak lho. Tercatat, Timor Leste dan Papua Nugini pernah melakukan pemesanan. CV Maju Mapan ini juga pernah mendapatkan kunjungan dari Australia, nggak lupa mereka juga menyatakan jika produk di tempat ini sama kualitasnya dengan yang biasa digunakan NATO.

Nggak hanya parasut aja lho, tercatat ada sekitar 28 jenis produk unggulan yang dibuat di tempat ini. Termasuk dragchute dan juga tenda militer yang pernah dipesan oleh Malaysia sebanyak 7.000 unit. Wow!