5 PROFESI DALAM GENRE VIDEOGRAFI

LAZONE.ID - Ada beberapa ragam profesi dalam dunia fotografi

Mungkin lo berpikir seorang videografer harus menjadi dokumenter untuk wedding. Padahal seiring berkembangnya zaman dan maju teknologi serta industry yang terus naik tingkatannya. Profesi dalam Videografi menjadi bermacam – macam bahkan bisa dibilang jadi salah satu profesi yang menarik serta menyenangkan untuk ditekuni. Apa saja Profesi dalam genre videografi yang bisa kamu coba dan tekuni? Simak artikel berikut.

1. Film Maker

Film merupakan karya seni sekaligus juga komersial yang menggabungkan hampir semua skill dalam videografi. Sebagai Film Maker, kamu harus bisa menyiapkan tahapan pra, produksi dan pasca (post) production.

Mungkin di antara profesi videografi ini adalah profesi yang berat dan membutuhkan sebuah tim.  Namun di sini akan mengasah semua kemampuan dan konsentrasi kamu dalam membuat sebuah film.  Dan kemampuan manajemenmu dalam merancang budget dan mengoptimalkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat syuting.

2. VLogger

Vlogger sudah menjadi profesi dalam videografi yang paling menyenangkan dan diinginkan oleh setiap orang. Namun menjadi vlogger tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu dituntut untuk membuat materi vlog yang akan disajikan dalam videomu, bukan hanya itu, kamu juga harus mengerti pengambilan angle, menciptakan mood, penyajian materi dan sebagainya. Walaupun seperti itu faktanya vlog tidak terlalu membutuhkan peralatan tingkat tinggi lho.

3. Videografer Jurnalistik

Kamu harus bisa membedakan antara Videografer Jurnalistik dengan Reporter, di mana kamu bukan hanya dituntut mengumpulkan data, tapi juga ,menyajikan citra berdasarkan data dengan format berbasis Video. Tentunya ini sangat berkaitan erat dengan dunia Jurnalistik. Saat ini profesi ini juga menjadi favorit para milenial dalam dinia videografi.

4. Art & Documentation Videografer

Untuk profesi ini memang memiliki tingkat kesulitan kedua setelah film maker. Karena disini anda menghasilkan sebuah karya seni. Artinya anda dituntuk menghasilkan gambar yang terindah. Seorang Art & Documentation Videografer ini sebisa mungkin mengambilan gambar, pergerakan kamera semulus mungkin. Sehingga hasilnya terkesan dramatis dan sinematic.

Selain pada angle biasanya penekanan seorang Art & Documentation videografer ada pada proses editingnya. Kamu harus benar – benar focus pada proses editing. Proses editing  bisa jadi akan memakan waktu cukup lama demi menghasilkan tayangan dengan gambar terbaik.

Dari sekian profesi di atas kira – kira mana yang bakal kamu tekuni? Harus sebisa mungkin disesuaikan dengan passion kamu yah. Sekian artikel kali ini semoga bisa menjadi acuan buat kamu semua. Yang Penting jangan lupa untuk pantau terus informasi terupdate dunia fotografi, videografi, dan visualgrafi hanya di Instagram Offcial Lensa Community. See you …