Aspek Rasio Dalam Produksi Video

LAZONE.ID -

Dalam pembuatan video pasti diakhiri dengan proses yang namanya editing, saat proses akhir editing Aspek Rasio sangat diperlukan agar video yang dihasilkan sesuai dengan ukuran saat penayangan. Mau tahu tipe aspek rasio apa yang bisa kamu gunakan. Yuk simak artikel dibawah ini:

 

1. Rasio 4 : 3

Aspek rasio 4:3 akan menampilkan gambar dengan baik pada media yang mampu memproyeksikan dengan aspek rasio yang sama. Banyak tayangan video yang terkesan memakasakan, bahkan tidak enak di lihat. Oleh karena itu Aspek Rasio sangat dibutuhkan saat penayangannya. Tanpa kamu sadari ternyata rasio 4:3 sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti televisi tabung dan kamera yang ada di pasaran.

 

2. Rasio Widescreen 16 : 9

Sedangkan Aspek Rasio Widescreen 16:9 digunakan untuk monitor komputer LCD, televisi jenis HDTV. Pada saat video dengan format 16:9 diterapkan di media yang tidak tepat maka akan menghasilkan distorsi visual, dimana objek pada video terlihat lebih ramping tidak sesuai dengan ukurannya. Tetapi apabila kamu memaksakan untuk menayangkan video 16:9 ke rasio 4:3, maka objek yang akan terlihat lebih gemuk karena dipaksa melebar untuk memenuhi ruang layar.

 

3. Rasio Digital Cinema Projector

Rasio Digital Cinema Projector terbagi dalam 3 jenis yaitu; aspek rasio 1.85:1 (Academy Flat), 2.39:1 (Cinemascope) dan 1.90:1 (Full Container). Ketiga rasio ini yang digunakan dalam dunia pembuatan Film. Perkembangan teknologi digital saat ini semakin mempermudah para filmmaker untuk dapat membuat dan memutar hasil karyanya. Dengan begitu kamu dapat menyaksikan film-film kesukaan di bioskop secara puas dan nyaman tanpa gangguan resolusi yang kurang enak dilihat.

Pada dasarnya seluruh Aspek Rasio mempunyai fungsi yang berbeda disetiap ukurannya. Karena untuk menghasilkan suatu video kamu harus memperhatikan beberapa faktor yang sama pentingnya. Seperti: Visual, kualitas gambar, serta format video. Sehingga mendapatkan output yang sempurna. Nah jadi itu beberapa Aspek Ratio yang perlu kamu ketahui dalam videografi. Sampai jumpa di artikel berikutnya, simak terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan info–info keren tentang fotografi, videografi, dan visualgrafi lainnya.