DIVISI UTAMA DALAM KRU FILM

LAZONE.ID - Ada Divisi penting yang merupakan penggerak awal agar proses pembuatan film bisa berjalan

Dalam kru pembuatan film terdapat banyak komponen atau divisi yang menjalankan produksi tersebut. Ada beberapa Divisi dalam kru film mulai dari bagian umum, art, dan sebagainya. Namun Ada Divisi penting yang merupakan penggerak awal agar proses pembuatan film bisa berjalan. Apa saja itu? Berikut divisi utama dari kru film.

1. Produser Eksekutif

Produser eksekutif biasanya terdiri dari beberapa orang, dengan tugas utama untuk membiayai pembuatan film yang dilakukan oleh pembuat film atau production house (PH).

2. Produser

Produser adalah orang yang langsung berhubungan dan memberikan laporan kepada produser eksekutif terkait progres pembuatan film. Tugas Produser Film adalah untuk melakukan segala kordinasi, control, evaluasi hingga melakukan berbagai pembayaran yang terkait dengan pembuatan film.

3. Manajer Produksi

Orang yang memiliki jabatan sebagai manajer produksi berada dibawah garis tugas produser dan bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pembuatan film mulai dari seluruh personil kru, teknologi yang digunakan, keuangan yang dikeluarkan, jadwal pengambilan gambar atau jadwal shooting.

4. Manajer Unit

Namanya saja sudah manajer unit tentu tugasnya hampir sama dengan manajer produksi, hanya saja tugas dari manajer unit berada dalam ukuran kecil.

5. Koordinator Produksi

Koordinator Produksi memiliki tugas untuk melakukan koordinasi terkait dengan segala informasi produksi yang diberikan oleh manajer produksi. Orang dengan jabatan ini juga memiliki tugas untuk bertanggung jawab terhadap seluruh keperluan produksi.

6. Post-Production Supervisor

Post-Production Supervisor memiliki tugas untuk melakukan pengawasan setelah produksi film dilakukan.

7. Sutradara atau Director

Tugas Sutradara atau Director dalam pembuatan film adalah bertanggung jawab atas segala kegiatan produksi film, mulai dari ide kreatif film, alur cerita dan konten cerita, memberitahukan aktor atau aktris tentang adegan yang dilakukan, memilih lokasi pembuatan film, menentukan sountrack lagu pada film, menentukan durasi film dan menentukan waktu pengambilan film. Sutradara juga langsung berhubungan dengan para produser.

8. First Assistant Director atau Asisten Sutradara 1

Tugas First Asisstan Director adalah membantu, memastikan dan mengawasi seluruh tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh sutradara agar apa yang diperintahkan oleh sutradara dapat berjalan dengan baik.

9. Second Assistant Director atau Asisten Sutradara 2

Asisten Sutradara 2 adalah orang dibawah Asisten Sutradara 1 yang mengepalai unit – unit produksi dibawah sutradara dan Asisten Sutradara 1 yang bertugas untuk mengerjakan setiap perintah dan tugas yang diberikan oleh Asisten Sutradara 1 dan sutradara.

10. Asisten Produksi

Asisten Produksi bertugas untuk menyiapkan seluruh perlengkapan yang akan digunakan dalam pembuatan film dan membantu Asisten Sutradara 1 dan pekerjaan yang berhubungan dengan produksi film lainnya.

11. Script Supervisor

Orang dengan jabatan ini bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap naskah film yang telah dibuat.

12. Stunt Coordinator

Stunt Coordinator memiliki tugas untuk merekrut para pemain pengganti, jika aktor atau aktris tidak mampu melakukan agedan yang diinginkan.

Itu dia beberapa jabatan penting dalam divisi utama dalam proses pembuatan film. Buat kamu yang ingin dapatkan berita terbaru seputar fotografi, videografi, dan visualgrafi serta hal – hal yang berkaitan dengan bidang tersebut. Pantau terus Instagram Lensa Community. Sampai jumpa semoga artikel ini bermanfaat.