Kesalahan Saat Menerbangkan Drone

LAZONE.ID - Baru belajar nerbangin Drone? Baca ini dulu, Bro.

Hadirnya Drone memberikan ruang lebih luas bagi para fotografer, videografer ataupun pecinta fotografi. Dengan menggunakan drone, perspektif yang ditangkap menjadi lebih luas. Tapi dengan kualitas yang ditawarkan, drone juga dibanderol dengan harga yang mahal! Makanya sebelum menerbangkan drone, ada  beberapa hal yang harus kamu ingat:

 

1. Belajar dengan Drone Mahal

Semakin mahal, kualitas akan semakin tinggi. Tapi kalau kamu masih pemula, lebih baik beli yang murah dahulu untuk belajar mengoperasikan drone. Ketika latihan pasti kamu akan melakukan kesalahan terlebih dahulu seperti menabrak tembok atau salah melakukan navigasi. Ada baiknya latihan dengan drone yang lebih murah untuk belajar, baru membeli drone dengan spesifikasi yang lebih tinggi ketika sudah mahir.

 

2. Tidak mengecek Drone sebelum terbang

Sepele memang, tetapi hal ini bisa berakibat fatal. Kasus yang sering terjadi pada Drone adalah sekrup yang kurang kencang dan lepas saat berada di udara. Tidak hanya akan menyebabkan Drone jatuh, tapi hal ini juga bisa memakan korban apabila terkena orang. Cek juga baling-baling setiap 50 kali penerbangan, karena baling-baling tidak boleh dipakai lebih dari 100 kali penerbangan. Ganti juga baling-balingnya setahun sekali untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

 

3. Menerbangkan Drone pada waktu dan tempat yang salah

Salah satu kesalahan ketika menerbangan drone adalah pemilihan waktu dan tempat. Ada baiknya jika kamu memilih lokasi yang lapang, agar menghindari drone menabrak atau tersangkut. Jangan juga memaksakan diri untuk menerbangkan drone saat cuaca buruk, karena angin kencang dapat membuat kamu kehilangan kendali atas drone.

 

4. Cuek dengan tanda baterai lemah

Kadang karena terlalu asyik, kita melupakan peringatan bahwa baterai drone sudah lemah. Hal ini akan sangat merugikan kita, karena ketika drone kehabisan daya, maka ia akan jatuh entah di mana dan sulit untuk ditemukan.